Search

Pengertian, Penularan, Dan Pencegahan HIV Aids

Alikanews.com – Penularan virus HIV Aids di Indonesia sudah semakin menghawatirkan. Berbagai cara dan usaha dilakukan untuk mencegah penularan virus HIV Aids ini baik oleh pemerintah ataupun oleh LSM. Menurut data statistik pada bln. Juni 2014 jumlah pengidap virus HIV di Indonesia mencapai 142.950 orang sementara yang sudah menderita AIDS berjumlah 55.623.

A. Pengertian dan Perbedaan HIV vs. AIDS

HIV yaitu singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang merupakan virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia. Serangan virus ini terbagi dalam beberapa level dan pada level terakhir inilah di mana sistem kekebalan tubuh sudah kalah telak, seseorang baru disebutkan penderita AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). Serangan virus sekecil apa pun akan bisa berakibat fatal.

B. Cara Penularanya

Banyak cara bagaimana virus HIV menular. Namun pada dasarnya virus ini hanya bisa menular melalui dua media :

  • Melalui Darah.
    Penularan melalui darah bisa dengan hubungan tubuh (esek2), jarum suntik, dan ibu hamil kepada anaknya.
  • Melalui ASI.
    Ibu yang saat melahirkan belum terkena HIV tapi pada saat menyusui kemudian ia terjangkit, bisa menularkan virus ini melalui air susunya.

C. Cara Pencegahannya

1. Gunakan Kondom.

Ini yang sering disosialisasikan oleh banyak badan kesehatan. Tetapi riset terakhir menunjukkan kalau ukuran virus HIV jauh lebih kecil daripada pori-pori kondom. Jadi sebaiknya lakukan cara berikutnya.

2. Hindari Pergaulan Bebas.

Pergaulan bebas dengan bergonta-ganti pasangan inilah sebagai salah satu penyebab utama penyebaran virus HIV Aids. Jadi tetap setia pada pasangan..

3. Jauhi Komunitas Pengkonsumsi Narkoba.

Dekati komunitasnya saja jangan apalagi mengkonsumsinya. Saya lebih suka menyarankan untuk tidak mendekati komunitas atau bergaul dengan para pengguna narkoba karna meskipun niat awal hanya berteman, biasanya karena perasaan tidak enak/solidaritas sehingga akhirnya terjerumus juga.

4. Bersunat.

Riset membuktikan kalau lelaki yang bersunat/khitan akan memperkecil peluang terjangkit virus ini.

5. Jangan beri anak susu orang lain.

Bukan tidak mungkin untuk menjaga keindahan tubuhnya, wanita tidak mau menyusui anaknya sendiri sehingga memilih membeli ASI dari wanita lainnya. Bila tidak hati-hati, bisa jadi buah hati malah tertular virus HIV jika ibu membeli susu dari wanita yang sudah terjangkit virus HIV.

Demikianlah Pengertian, Penularan, Dan Pencegahan HIV Aids. Semoga artikel ini bisa mengingatkan kita supaya tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat kita tertular virus ini.

Written by 

Related posts