Search

Cara Mengobati Penyakit Phobia Yang Perlu Anda Ketahui

Alikanews.com – Phobia yaitu rasa takut yang berlebihan pada objek/keadaan tertentu. Ketakutan berlebihan ini tidak jarang mengakibatkan depresi, kecemasan, dan kepanikan yang parah. Berdasar pada jenis ketakutannya, phobia dibagi jadi dua. phobia yang mulailah yaitu phobia spesifik.

Phobia spesifik biasanya mulai meningkat sejak masa kanak-kanak ataupun remaja. Contoh-contoh phobia spesifik yaitu phobia terhadap kawasan (kedalaman air atau ketinggian), phobia terhadap hewan (ular, ulat, atau laba-laba), fear terhadap keadaan (berkunjung ke dokter), phobia seksualitas (takut tertular penyakit seksual), lalu phobia secara fisik (takut jarum suntik atau darah).

Gejala-gejala fisik yang muncul dikarenakan phobia, diantaranya :

  • Disorientasi atau bingung
  • Pusing lalu sakit kepala
  • Mual
  • Dada terasa sesak dan nyeri
  • Sesak napas
  • Detak jantung naik
  • Tubuh gemetar lalu berkeringat
  • Telinga berdengung
  • Kelebihan ingin selalu buang air tipis
  • Mulut terasa kering

Penyebab Phobia

Sampai kini penyebab phobia belum didapatkan secara jelas. Meski setelah, ada beberapa faktor yang disinyalir kuat bisa menyebabkan kondisi ini, salah satunya :

  • Peristiwa Traumatis
    Ada segenap contoh peristiwa yang meraih menyebabkan seseorang mengalami shock hingga pada akhirnya melantarkan munculnya phobia, misalnya pengalaman diserang binatang atau serangga, pengalaman terjebak di didalam sebuah ruangan tertutup ataupun lift, pengalaman berada pada tengah-tengah tawuran atau kerusuhan massa, pengalaman dimusuhi, maupun mendapat penolakan dari jamaah lain.
  • Temperamen Yang Tinggi
    Seorang yang berkepribadian terlampau sensitif, selalu berpikiran negatif, dan sangat pemalu mengenai lebih rentan mengalami Phobia .
  • Memiliki Orang Tua Penderita Phobia
    Disinyalir kalau Phobia adalah kondisi yang diwarisi. Jika terdapat anggota keluarga yang memiliki Phobia pada situasi atau objek tertentu, maka resiko Anda terkena phobia jua tinggi.

Cara Untuk Mengobati Penyakit Phobia

1. Hypnotherapists

Adalah proses pengobatan fear dengan cara pemberian sugesti-sugesti dari hypnotherapist kepada penderita untuk menghilangkan ketakutannya bersama suatu obyek atau keadaan tertentu.

2. Desentiasi sistematis

Adalah pengobatan phobia dengan panduan membuat penderita rileks sampai membayangkan suasana yang indah dan nyaman, setelah itu didatangkan sebuah obyek ataupun keadaan tertentu yang ditakutinya.

3. Abreaksi

Adalah pengobatan fear terhadap suatu objek melampaui cara pendekatan. mulai dengan foto atau gambaryang ditakutinya. lalu dilihatkan obyek ini dari kejauhan dulu setelah itu didekatkan secara perlahan.

4. Water Damage

Adalah penyembuhan phobia lewat cara menempatkan penderita dengan obyek yang ditakutinya. sampai ia tidak merasakan ketakutan pada obyek tersebut .

5. Reframing

Adalah proses pengobatan fear dengan cara membuat penderita membayangkan kejadian masa lalu. awalnya ia mengalami fear, dilanjutkan menyuruhnya bercerita dalam yang mengobatinya.

6. Obat-obatan

Adalah pengobatan phobia dengan penggunaan obat-obat kimia. yang sebenarnya bukan dianjurkan untuk penderita Phobia . Biasanya penderita setelah melancarkan beberapa kali terapi sanggup sembuh, namun penggunaan obat di dalamnya sebagai pendamping saat rasa cemas/takut datang. Obat yang biasanya digunakan yaitu : antidepresan. beta-blocker.

Semoga infonya bisa bermanfaat ya.

Written by 

Related posts