Search

Waspada Mengkonsumsi Es Batu Sembarangan Bisa Membuat Sakit

Alikanews.com – Saat suhu udara tengah panas dan terik seperti sekarang ini, mengkonsumsi minuman dingin pasti akan sangat menyegarkan. Untuk mendapatkannya, kita bisa membeli minuman dingin di warung-warung atau membuatnya sendiri di dalam rumah dengan cara menambahkan es batu pada minuman yang akan kita konsumsi. Sayangnya, banyak orang yang masih membeli es batu secara sembarangan, terutama berupa es batu berbentuk balok yang rata-rata di jual di tepi jalan, dipecah dengan pisau atau gir sepeda, dan didistribusikan dengan becak, sepeda motor, atau truk-truk yang tidak terjamin kebersihannya. Jika kita konsumsi es batu itu, dikhawatirkan kita akan mendapatkan berbagai faktor penyebab penyakit seperti berikut

1. Bakteri

Enviromental Protection Agency atau EPA mengatakan kalau air yang bersih yaitu air yang tidak memiliki bakteri patogen. Sayangnya, es batu tidak selalu terjamin bebas dari berbagai bakteri patogen tersebut . Pakar kesehatan dr. Pritish Tosh dari Mayo Clinic menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak sembarangan memesan minuman dingin dari warung atau restoran karena di kuatirkan es batu ini tidak di buat atau didistribusikan dengan higienis sehingga telah banyak terkena bakteri berbahaya.

2. Jamur

Martin Buckvanage yang berasal dari Pennsylvania State University mengatakan bahwa es batu bisa terpapar jamur yang sebelumnya menempel pada mesin es atau freezer pada kulkas. Paparan jamur ini bahkan bisa jadi semakin parah bila kita mematikan mesin ini dan suhu tidak lagi dingin. Untuk mencegah paparan ini, sebaiknya kita sering membersihkan freezer kulkas untuk mencegah paparan jamur penyebab penyakit ini.

3. Kotoran yang berasal dari tangan

Saat mendapatkan minuman dingin dari warung-warung, bisa jadi es batu pada minuman itu telah terpapar kotoran pada tangan yang sebelumnya sudah menyentuh berbagai hal. Kotoran atau bakteri dari tangan ini bisa saja menyebabkan berbagai jenis penyakit, termasuk diare.

Semoga infonya bermanfaat.

Written by 

Related posts