Search

8 Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis Alami

AlikanNews.Com – Bau mulut biasanya diawali dengan perasaan pahit dan kering pada mulut. Terkadang beberapa orang juga bisa merasa produksi air liur yang berlebihan dan kental sehingga menyebabkan mulut terasa menjadi lebih asam. Jika kondisi ini dibiarkan terus maka bisa menyebabkan bau mulut. Untuk itu bau mulut tetap harus diatasi sehingga. Berikut ini adalah perawatan cara mengatasi bau mulut yang bisa dilakukan sehari-hari :

1. Melakukan Perawatan Gigi Rutin

Merawat gigi secara rutin adalah salah satu tindakan yang sangat penting untuk mencegah bau mulut. Perawatan gigi bisa dilakukan minimal selama enam bulan sekali. Dokter gigi biasanya akan memeriksa kondisi gigi, menghilangkan plak yang bisa menyebabkan bau mulut dan memeriksa kondisi kesehatan mulut secara keseluruhan. Selain itu, perawatan gigi secara teratur mencegah terjadinya abrasi gigi.

2. Gosok Gigi Secara Rutin

Gosok gigi yang rutin juga bisa menghilangkan resiko bau mulut yang kurang sedap. Gosok gigi akan membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang berada pada sela gigi dan gusi. Cara mengatasi bau mulut dengan menggosok gigi juga akan menghilangkan plak, yang menjadi habitat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Gosok gigi akan memelihara kesehatan gigi dan mulut sehingga mengurangi bau mulut.

3. Bersihkan Lidah

Membersihkan lidah adalah hal ringan yang paling sering diremehkan. Ketika sedang gosok gigi maka gunakan kaca pembersih lidah khusus yang bisa mengurangi potensi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Gosok lidah dari bagian atas ke bawah secara lembut. Selain gigi dan gusi, maka bakteri penyebab bau mulut juga berkembang pesat di bagian lidah.

4. Menggunakan Produk atau Obat Kumur

Obat kumur juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut. Konstruksi obat kumur biasanya berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut dan membersihkan sisa makanan yang masih berada di sela gigi dan gusi. Anda tidak bisa meninggalkan gosok gigi jika sudah memakai obat kumur. Jadi tetap lakukan gosok gigi dan kumur dengan cairan khusus.

5. Pacu Produksi Air Liur

Terkadang tanpa kita sadari kita membiarkan mulut menjadi sangat kering. Mulut kering akan memicu pertumbuhan bakteri anaerob yaitu bakteri yang menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Untuk mengatasi masalah mulut yang kering maka bisa mengkonsumsi permen yang mengandung bahan mint. Kunyah permen karet tanpa gula dan beberapa jenis permen netral tanpa gula dan bahan pemanis tambahan.

6. Basmi Bakteri Mulut dengan Makanan

Bau mulut juga bisa dipengaruhi dari menu makanan sehat yang dikonsumsi sehari-hari. Jika kekurangan buah dan sayuran maka bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Untuk menghindari hal ini maka bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan kaya serat seperti buah dan sayuran.

7. Terapi dengan Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis teh alami yang banyak ditemukan di Jepang. Teh hijau bisa meningkatkan kesehatan karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Namun ternyata teh hijau juga bisa menghilangkan bau mulut. Teh hijau mengandung polifenol yang bisa mengurangi produksi bakteri berlebihan pada mulut dan menghilangkan bau belerang dari sisa makanan pada gigi dan gusi.

Tapi jangan samakan manfaat teh hijau dengan bahaya es teh yang mungkin sering anda konsumsi.

8. Hindari Obat yang Membuat Mulut Kering

Jika sedang sakit maka jangan minum obat yang bisa menyebabkan mulut menjadi kering. Beberapa jenis obat ini termasuk adalah obat penghilang rasa sakit dan obat antidepresan. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa meminta resep obat lain.

Written by 

Related posts