Search

Berikut Ini 6 Gejala Darah Kotor

AlikaNews.Com – Darah kotor sebenarnya merupakan istilah yang mengacu pada kondisi darah yang tidak sehat. Kondisi darah yang tidak sehat yang masuk ke dalam kategori darah kotor yaitu kondisi darah yang banyak mengandung toksin. Darah kotor juga bisa mengacu pada kondisi darah yang mengalami penyumbatan yang diakibatkan oleh darah statis. Kondisi darah kotor ini bisa mempengaruhi peredaran darah secara keseluruhan.

gejala darah kotorToksin atau zat yang dapat menyebabkan darah menjadi kotor biasanya berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi termasuk buah, sayuran atau jenis makanan lainnya. Faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab darah menjadi kotor yakni asap baik asap kendaraan, asap dari mesin industri maupun bahaya asap rokok.

Gejala-gejala darah kotor pada umumnya mirip seperti gejala penyakit kulit. Sehingga orang awam sering menganggap jika kondisi atau gejala tersebut bukan merupakan gangguan darah kotor. Untuk itu, sangat penting untuk kita ketahui mengenai berbagai gejala yang mungkin sering kita salah artikan sebagai gejala penyakit kulit :

1. Kondisi yang disalahartikan sebagai gejala penyakit kulit

Gejala penyakit eksim, dermatitis, kulit kering, kulit mengelupas, atau kulit gatal yang sering muncul bercak atau bintik merah lalu menghilang. Bahkan kondisi tersebut sering terasa berpindah-pindah dari suatu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya memiliki kemiripaN dengan gejala darah kotor. Dan seringkali, darah kotor bahkan dianggap sebagai suatu indikasi bahwa seseorang mengalami penyakit seperti eksim, dan lainnya.

Penyebab mengapa kondisi yang demikian itu bsa terjadi adalah karena kurangnya kemampuan darah untuk mengeluarkan racun melalui organ ginjal. Sehingga racun-racun tersebut tetap berada di dalam darah kita dan mengganggu kesehatan secara menyeluruh.

2. Sakit kepala

Tahukah anda jika ternyata sakit kepala yang cukup sering bisa menjadi salah satu tanda jika seseorang mengalami darah kotor? Sakit kepala baik yang hanya berupa migrain atau pun sakit kepala yang datang dan pergi bisa menjadi salah satu indikasi jika seseorang menderita darah kotor. Migrain atau sakit kepala tersebut biasanya disertai dengan penyebab yang tidak jelas.

Sakit kepala akibat darah kotor bisa terjadi dikarenakan otak tidak menerima cukup oksigen karena, darah sebagai pembawa oksigen terkandung di dalamnya racun yang menghalangi oksigen.

3. Demam

Demam juga bisa menjadi salah satu gejala pada seseorang yang mengalami darah kotor. Penyebab terjadinya demam adalah karena sebenarnya tubuh manusia terbentuk sedemikian rupa agar mampu mengeluarkan racun atau zat lainnya yang tidak seharusnya ada di dalam tubuh.

Saat proses ‘penghancuran’ zat racun tersebut, suhu tubuh akan naik. Dan jika darah dipenuhi zat racun atau yang sering kita sebut dengan istilah darah kotor, maka kemungkinan besar suhu tubuh akan meninggi dari biasanya karena tubuh berusaha mengeluarkan zat racun yang ckup banyak di dalam darah.Jika mengalami demam seseorang pasti akan memeriksakan diri ke dokter. Biasanya dokter akan menemukan penyebab mengapa anda mengalami demam. Dan jika penyebab yang diketahui adalah karena adanya bakteri di dalam darah anda, maka dokter akan memberikan resep antibiotik untuk membunuh bakteri yang mengganggu kesehatan darah anda. Perlu anda ketahui dan ingat, ternyata pada demam sebagai gejala darah kotor dalam tubuh akan kembali lagi setelah anda berhenti mengkonsumsi antibiotik. Demamnya mungkin tidak akan datang sesering sebelumnya, tetapi juga akan masih dapat menyerang dengan jangka waktu yang tidak diketahui.

4. Alergi

Alergi juga merupakan salah satu gejala yang bisa mengindikasikan jika seseorang menderita darah kotor. Alergi darah kotor ini bisa beragam mulai dari alergi debu dan lainnya. Hal ini dikarenakan darah yang mengandung bakteri maupun mengandung zat racun dapat menurunkan kondisi sistem kekebalan tubuh dalam melawan radikal bebas, kuman, bakteri maupun penyakit berbahaya lainnya.

5. Jerawat

Jerawat juga bisa merupakan salah satu tanda yang sangat nyata jika seseorang mengalami darah kotor. Tetapi memang, tidak semua orang yang mengalami jerawat juga mengalami darah kotor. Perlu konsultasi terlebih dahulu pada dokter apakah jerawat tersebut sebagai gejala darah kotor dalam tubuh atau bukan.

6. Bisul-bisul

Bisul memang hampir mirip dengan jerawat. Seperti halnya jerawat, jika muncul bisul di bagian tubuh manapun bisa menjadi indikasi jika anda terkena darah kotor.

Written by 

Related posts