Search

Tips Agar Tidak Menangis Saat Memotong Bawang

Alikanews.com – Satu diantara hal yang cukup menyiksa saat memasak yaitu saat harus memotong bawang. Bagaimana tidak, kita bahkan bisa menangis andai melakukan hal itu. Pakar kimia bernama Eric Block mengatakan kalau bawang merah memang bisa memberi sensasi perih pada mata saat dipotong karna memiliki senyawa yang bernamasyn-propnethial-S-oxide. Adanya senyawa ini sebenarnya ditujukan sebagai sistem pertahanan alami bawang agar tidak mudah dikonsumsi oleh serangga yang banyak berkeliaran di dalam tanah.

Di dalam sel bawang, terdapat kantung kecil yang memiliki enzim. Bila kita memotong, menggigit, atau melumat bawang, maka kantung kecil ini akan pecah dan akhirnya melepaskan isinya yang berupa senyawa yang bisa menyebabkan rasa perih pada mata sehingga membuat kita menangis.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah mata perih saat memotong bawang? Eric berkata bahwa sebaiknya kita memotong bawang ini di dekat ventilasi atau dekat dengan kipas angin. Tidak hanya itu, kita bisa melakukan beberapa hal seperti berikut.

Cara pertama yang bisa dilakukan memang terlihat konyol, yaitu dengan menggunakan kacamata pelindung atau bahkan helm. Dengan menggunakan benda ini, kita bisa mencegah senyawa ini mencapai mata dan menyebabkan timbulnya rasa perih. Tetapi, bila kita tidak ingin terlihat konyol hanya untuk memotong bawang, kita bisa memasak bawang terlebih dulu sebelum dipotong. Trik ini ternyata bisa membuat enzim penyebab rasa perih ini tidak aktif sehingga tidak akan membuat mata kita perih. Tidak hanya itu, bila kita menyimpan bawang terlebih dulu di dalam kulkas selama beberapa menit, maka kita bisa membuat reaksi senyawa kimia ini semakin lambat dan tidak akan membuat mata perih saat dipotong.

Eric juga merekomendasikan kita untuk menggunakan pisau berbahan stainless steelyang dipercaya menurunkan ketajaman dari reaksi senyawa kimia pada bawang sehingga tidak akan membuat kita menangis saat memotongnya.

Selamat mencoba dan semoga infonya bisa berguna.

Written by 

Related posts