Search

Berikut Alasan Kenapa Kaki Terasa Gatal Saat Bermain Pasir Pantai

Alikanews.com – Sebagian orang menikmati waktu libur panjang ini dengan berlibur di pantai. Deru ombak dan semilir angin pantai diyakini bisa membuat pikiran jadi lebih tenang dan meredakan stress. Tidak hanya itu, berjalan diatas pasir pantai yang lembut juga bisa memberikan sensasi menenangkan tersendiri. Sayangnya, berlibur di pantai bisa membuat kulit kita jadi lebih gelap atau bahkan menyebabkan rasa gatal pada kaki saat ada pasir pantai yang menempel pada kaki kita. Sebenarnya, apa alasan dari munculnya rasa gatal saat kita bermain pasir pantai ini?

1. Reaksi alergi

Centers for Disease Control and Preventiondari Amerika Serikat mengatakan kalau rasa gatal yang muncul pada kaki saat kita bermain di pasir pantai bisa disebabkan oleh kondisi swimmer’s itch. Kondisi ini bisa dijelaskan sebagai reaksi alergi yang terjadi karena ada parasit yang memang cukup banyak terdapat di dalam air laut. Sebagai informasi, beberapa hewan laut seperti siput laut ternyata mengeluarkan parasit mikroskopik yang bisa menempel sampai bagian bawah kulit kita. Tidak hanya menyebabkan rasa gatal, kulit juga bisa mengalami ruam-ruam kemerahan, sensasi terbakar, atau timbulnya bintil-bintil.

2. Paparan sinar matahari

Tidak disangka, paparan sinar matahari di pantai ternyata bisa menyebabkan kulit terbakar dan akhirnya menyebabkan rasa gatal-gatal. Tidak hanya itu, kulit yang berkeringat namun terhalang dengan pasir yang menempel, adanya lotion tabir surya, atau bahkan terkena serangga kecil, maka dapat membuat kulit mudah terkena iritasi ringan yang terasa gatal.

3. Terkena kulit kering

Salah satu penyebabnya kulit gatal pada saat bermain di pantai yaitu masalah dermatitis atau peradangan pada kulit. Selain itu, mereka yang memiliki kulit kering ternyata juga lebih mengandung resiko mengalami gatal-gatal saat terkena air laut.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak menyepelekan rasa gatal ini dan segera mengobatinya agar tidak jadi lebih kronis.

Semoga informasinya bisa bermanfaat ya.

Written by 

Related posts