Search

JK Ungkap Grup Radikal Yg Dicari Di Indonesia Lari Ke Filipina

 

Alikanews.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memanggil kelompok-kelompok teroris di Indonesia yang tengah diburu polisi lari ke Filipina Selatan. Merebaknya perseteruan di Marawi, satu diantaranya dipicu oleh banyak peredaran senjata disana.

” Indonesia, kita korban dari pada itu. Bila ada grup radikal di cari di Indonesia, atau diburu, itu lari ke Filipina, ” kata JK di sela-sela kunjunganya di Jepang, Hari senin (5/6/2017).

Masalah perseteruan di Filipina Selatan, JK berujar perseteruan di Marawi pada milisi serta pihak pemerintah adalah perseteruan lama. Menurut dia, ada dua kesusahan yang menjadikan perseteruan di Filipina Selatan makin berlarut-larut.

Satu diantara pemicunya yaitu banyak faksi milisi sebagaimana grup Abu Sayyaf, MILF (Front pembebeasan Islam Moro), serta grup komunis.

” Jadi usai satu, satu tak usai. Itu senantiasa berlangsung semenjak dahulu. Ke-2, disana sangat banyak senjata. kebanyakan orang miliki senjata, ” ucapnya.

Banyak peredaran senjata di lokasi itu mengakibatkan sulitnya dikerjakan gencatan senjata. Permasalahan yang lain yang muncul yaitu keberpihakan sebagian komune orang-orang pada bebrapa grup milisi.

” Namun Duterte terlihat tegas kita berharap ia berkelanjutan, ” berharap JK.

Dengan cara pribadi, JK mengaku pernah dilibatkan untuk merampungkan perseteruan di Filipina Selatan. Ia memanggil sekian kali berjumpa dengan tim perdamaian Filipina.

” Saya bertanya ada berapakah senjata di orang-orang? Ada sejuta. bagaimana langkahnya ada seize fire bila ada sejuta senjata di umum, ” katanya.

Written by 

Related posts