Search

Menaker Ajak Pimpinan Pusat Pagar Nusa Intensifkan Program Magang Pekerja Muda Di Jepang

Menaker Gandeng Pagar Nusa untuk Program Magang di Jepang

AlikaNews.com – Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengajak Pimpinan Pusat Pagar Nusa untuk mengintensifkan program magang pekerja muda di Jepang. Program ini adalah diplomasi kebudayaan dalam seni pencak silat.

Pertemuan pada Pimpinan Pusat Pagar Nusa NU serta Menteri Tenaga Kerja (Menaker) dimainkan di Jakarta, Hari selasa (10/6). Terlihat ada Menaker Hanif Dhakiri, Ketua Umum Pagar Nusa M Nabil Haroen, Sekretaris Umum Hasanuddin Wahid, serta pengurus harian PP Pagar Nusa.

Hanif mengemukakan, Pagar Nusa jadi mitra strategis pemerintah, terutama Kementrian Tenaga Kerja untuk program peningkatan kemampuan serta ketrampilan pemuda. ” Kami menginginkan supaya pemuda-pemuda kita miliki skill operasional serta kemampuan untuk dunia industri dan wiraswasta. Pagar Nusa jadi mitra kami untuk program magang di Jepang, juga sebagian negara Eropa, yang tengah kami cobalah, ” jelas Hanif.

Baginya Hanif, santri-santri mempunyai integritas moral serta kesungguhan untuk belajar ketrampilan praktis di bagian industri. ” Di Jepang, beberapa pemuda dilatih kedisiplinan, etos kerja serta wiraswasta. Program magang ini dimainkan dua tahun, yang ditambah dengan program intensif tiga tahun. Sesungguhnya program ini telah dimainkan semenjak 1999, telah lebih 60 ribu pemuda yang diberi kekuatan tehnis di bagian industri serta wiraswasta, ” ujarnya.

Ketua Umum Pagar Nusa Nabil Haroen menyongsong hangat ajakan Menteri Tenaga Kerja. ” Kami bakal menyiapkan kerja sama ini dengan detail. Jepang di kenal sebagai negara dengan kultur disiplin. Begitu baik untuk membuat mental serta skill praktis untuk wiraswasta juga industri, ” terangnya Nabil.

Lebih imbuh, beberapa santri serta kader Pagar Nusa akan mengampanyekan pencak silat di Negeri Samurai. ” Kami menginginkan kader Pagar Nusa dapat juga mengajar silat di Jepang. Ini bakal menarik sebagai diplomasi kebudayaan, tak cuma hanya magang. Namun, kami juga memperkenalkan seni bela diri pencak silat khas Nusantara. Lebih dari tiga juta kader kami bakal ada sistem seleksi spesial untuk kerja sama ini, ” ujar Nabil Haroen.

Peserta magang yang bakal diberangkatkan ke Jepang juga memperoleh pembekalan basic pencak silat. Sekretaris Umum Pagar Nusa Hasanuddin Wahid menyatakan utamanya kursus ini. ” Dengan memperoleh pembekalan pencak silat, beberapa peserta magang semakin lebih yakin diri, disiplin serta siap berkompetisi untuk pelajari skill spesial sepanjang sistem di Jepang, ” jelas Hasan.

Ketika ini, Pimpinan Pagar Nusa bergerak cepat dengan mendata kader-kader yang siap belajar serta magang di Jepang. Gagasannya, ada tiga pesantren di Jawa Barat, Jawa Tengah, serta Jawa Timur sebagai tempat kursus sebelumnya pemberangkatan magang di Jepang

Written by 

Related posts