Search

Berikut Ini 6 Bahaya Mengkonsumsi Telur Mentah

AlikaNews.Com – 1. Punya potensi untuk alami keracunan makanan

Dalam telur ada satu bakteri yang bernama salmonella enteriditis. Ini adalah semacam bakteri yang bisa mengakibatkan keracunan makanan yang umumnya akan terdeteksi selepas 5 sampai 36 jam selepas konsumsi product hewani dalam situasi mentah. Keracunan ini bisa ditandai dengan munculnya masalah diare yang dibarengi dengan sakit perut, dehidrasi, demam, dan kepala kerap pusing. Untuk anak-anak serta mereka yang mempunyai keadaan badan yang lemah, hal semacam ini begitu beresiko. Tetapi, tak semuanya telur yang masih dalam keadaan fresh atau mentah memiliki kandungan bakteri salmonella.

Bakteri ini bakal berkembang serta menyebabkan jelek untuk kita, jika telur atau product makanan yang memiliki kandungan telur dilewatkan sepanjang sekian hari dalam suhu ruang. Karenanya, beberapa pakar kesehatan begitu merekomendasikan supaya kita hindari mengkonsumsi telur mentah, terlebih dalam periode waktu yang lama.
2. Alergi

Pada ketika dikonsumsi dalam situasi mentah, kandungan zat Lysozyne yang disebut protein dalam telur bisa mempunyai reaksi sebagai antigen pada badan yang bisa menyebabkan kemungkinan alergi untuk yang mengonsumsinya, khususnya untuk mereka yang tak tahan pada protein-protein telur. Alergi umumnya ditandai dengan munculnya rasa gatal-gatal dan ruam pada kulit.

Kadungan ovomucoid yang juga ada dalam telur dapat juga bermanifestasi pada masalah kulit ini. Di mana karena konsumsi zat ini, dapat berlangsung beragam jenis penyakit kulitt sebagaimana gatal-gatal, munculnya ruam kulit, pembengkakan, papula, urtikaria, dan vesikula.

3. Kekurangan Biotin

Dimuka sudah di sampaikan kalau dalam telur ada zat avidin yang disebut semacam protein yang berperan membuat perlindungan embrio dari bakteri yang datang dari luar. Zat ini bisa mengikat serta mengganggu penyerapan biotin atau vitamin B7 dan beragam mineral utama pada badan oleh system pencernaan didalam perut. Pada ketika badan kekurangan biotin akan mengakibatkan masalah metabolisme dan nutrisi pada badan, yang selanjutnya bisa beresiko pada munculnya beragam problem sebagaimana :

– Penyebabnya rambut rontok terlalu berlebih yang pada akhirnya bakal mengakibatkan kebotakan.
– penyebabnya kerap mengantuk
– Berlangsung penurunan pada berat tubuh
– Masalah tidur (insomnia)
– Masalah kulit
– Nyeri pada otot

4. Mengakibatkan Dermatitis (eksim)

Ini adalah masalah kulit yang satu diantaranya dikarenakan oleh mengkonsumsi zat avidin yang satu diantaranya ada dalam telur. Penyebabnya dermatitis ini ditandai dengan terjadinya peradangan dan iritasi kulit hingga mengakibatkan pelepuhan atau gelembung kecil (vesikel) pada kulit. Dermatitis ini dapat juga berlangsung karna tanda-tanda darah kotor.

5. Masalah saluran pernapasan

Masalah kesehatan setelah itu yang bisa karena sebab bahaya telur mentah yaitu terjadinya masalah pada saluran pernapasan sebagaimana batuk ataupun wheezing. Hal semacam ini di sangka karna kandungan ovomucoid yang ada dalam telur mentah. Untuk hindari masalah ini, beberapa pakar kesehatan begitu merekomendasikan supaya tak memberi putih telur, terlebih dalam keadaaan yang masih mentah pada bayi ataupun beberapa orang yang punya potensi pada alergi. Lainnya itu, baiknya membiasakan diri serta keluarga selalu untuk konsumsi telur dalam situasi yang sudah masak, karna dengan memasak apalagi dulu product telur bisa menghancurkan dampaktivitas dari ovomucoid itu.
6. Masalah ginjal

Telur yang dibuat oleh ayam-ayam yang dipelihara di peternakan yang umumnya di beri pakan dengan kombinasi beberapa bahan kimia sebagaimana melamin. Kita ketahui kalau melamin adalah satu diantara bahan untuk menjadikan plastik, pupuk, ataupun cat. Walaupun kandungannya amat sedikit, tetapi unsur kimia itu bisa memberi dampak yang begitu besar untuk badan, salah satunya yaitu munculnya masalah pada organ ginjal sebagaimana penyebabnya tidak berhasil ginjal ataupun tanda-tanda batu ginjal.

Serta lebih buruknya lagi, hingga ketika ini belum diketemukan langkah agar bisa menetralkan kandungan melamin yang ada dalam telur. Hingga langkah paling baik yang dapat ditempuh yaitu dengan konsumsi telur dalam situasi masak.

Written by 

Related posts