Search

4 Bahaya Menggunakan Earphone Saat Tidur

AlikaNews.Com – Bahaya memakai earphone ketika tidur

Mungkin saja beberapa orang yang telah punya kebiasaan menggunakan earphone untuk mendengar musik ketika tidur. Tanpa ada rutinitas itu, orang itu terasa susah untuk tidur. Rutinitas mendengar musik dengan memakai earphone ketika tidur itu nyatanya mempunyai efek pada kesehatan badan diantaranya :

1. Turunkan pendengaran

Mendengar musik ketika tidur terlebih dengan memakai Earphone terkadang menjadikan pemakainya dengan tak sadar mengakibatkan kerusakan system pendengaran. Sewaktu pemakai tengah tidur, sura yang didengar dalam volume tinggi serta saat yang lama mengakibatkan rusaknya pada penjalaran pendengaran pada koklea telinga (sebagaimana keong) yakni mengakibatkan kerusakan sel rambut pada koklea.

Penurunan pendengaran awalannya tak diakui oleh orang itu. Hal semacam ini anyar bisa dideteksi bila lakukan screening pada dokter. Screening umum dikerjakan pada karyawan atau pegawai dari perusaan yang bekerja ditempat bising. Hal tersebut juga dikerjakan umumnya pada anak-anak di sekolah jurusan. Terjadinya masalah itu di pengaruhi oleh besarnya volume, frekwensi, dan lamanya paparan bising.

Pada ketika memakai earphone saat tidur, pemakai condong tak mengerti lamanya memakai earphone. Apalagi lagi bila dalam volume tinggi. Hal itu bisa mengakibatkan penurunan pendengaran pada orang yang kerap memakai earphone ketika tidur. Hal semacam ini dibuktikan, banyak masalah penurunan pendengaran dipertengahan umur 20-an tahun. Bila hal semacam ini selalu dilewatkan, bukanlah tak mungkin saja orang itu bakal dengan cepat alami tak mendengar sekalipun.

2. Mengakibatkan kerusakan otak

Berdasar pada hasil dalam riset, nyatanya gelombang elektromagnetik mempunyai efek pada rusaknya otak hewan cobalah. Disinyalir, penggunaan earphone pada telinga ketika dengarkan musik, memberi efek berbentuk hantaran elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik ini makin lama bisa mengakibatkan kerusakan beberapa sel pada otak. Lainnya itu, pemakaian earphone atau mendengar musik sembari tidur tak menjadikan otak kita betul-betul dalam situasi istrahat. Nada yang masuk masih menjadikan otak mengolahnya, hingga kurangi istrhat otak.

3. Turunkan waspada

Pendengaran yaitu satu diantara peranan dari system indera kita. Menggunakan earphone condong menjadikan pendengar terasa nyaman serta tertidur. Makin keras nada atau musik yang didengarkan menjadikan kewaspadaan alami penurunan. Sewaktu kita tertidur, system pendengaran terkadang berperan sebagai alarm bila ada bahaya atau suatu hal di dekat kita. Kita ambillah contoh ketika alarm bangun pagi bangunkan kita. Namun bagaimana dengan peristiwa keributan yang berlangsung di luar kamar kita, ketika tertidur dengan memakai earphone dan musik yang keras?

Saat kita tertidur sembari mendengar musik didalam kamar, kita tak bakal mendengar jika ada satu keributan yang berlangsung di luar serta ini condong membahayakan diri kita. Kita tak tahu kapan bencana sebagaimana kericuhan atau kebakaran yang berlangsung di sekitar kita, tetapi kita tak bisa mendengar atau tahu. Bisa-bisa kita menyadarinya saat bencana telah didepan mata.

4. Melukai kulit telinga

Earphone biasanya di buat oleh Produsennya senyaman mungkin saja supaya kerasan digunakan oleh pemakainya. Salahsatunya yaitu pemasangan piranti karet atau silikon di ujung earphone supaya tak menyakiti telinga. Tetapi hal itu bukanlah bermakna semuanya earphone terpasang dengan silikon pelindung. Banyak earphone yang dibeli dengan harga terjangkau atau terjangkau tetapi nyatanya tak mempunyai pelindung telinga berbentuk silikon itu.

Bila hal semacam ini kita anggap umum serta tetaplah menggunakannya, makin lama kulit telinga bakal lecet serta luka. Dalam situasi imbuh luka ini bakal pulih dengan sendirinya. Namun pada kenyatannya, tak semuanya luka itu langsung jadi kering serta pulih. Banyak peristiwa, lecet itu lalu alami infeksi hingga menjadikan kulit liang telinga meradang

Written by 

Related posts