Search

Petinggi AS Kelabakan ISIS Miliki Banyak Mobil Truk Keluaran Jepang

AlikaNews.com – Seseorang petinggi kontra terorisme Amerika Serikat (AS) memohon pertolongan Toyota berkaitan banyak mobil bak terbuka serta mobil SUV keluaran pabrikan asal Jepang itu yang dipakai oleh ISIS dalam beberapa video propagandanya.

” ISIS sudah memakai kendaraan ini dalam aktivitas militer, aktivitas teror, serta semacamnya, ” ujar CEO proyek Counter Ekstrimisme, Mark Wallace. ” Nyaris di tiap-tiap videonya, ISIS bakal tunjukkan armada atau konvoi kendaraan Toyota serta itu begitu memperihatinkan untuk kita, ” sambungnya sebagaimana dilansir dari laman ABC News, Hari rabu (7/10/2015).

Pertanyaan mengenai ISIS yang memakai kendaraan keluaran Toyota sudah lama nampak. Pada tahun 2014, satu laporan penyiar radio Radio Umum Internasional mencatat kalau Departemen Luar Negeri AS berujar 43 truk Toyota dipunyai oleh pemberontak Suriah.

Sementara laporan teranyar dari surar berita Australia membeberkan, lebih dari 800 truk sudah dilaporkan hilang di Sydney pada tahun 2014 serta 2015, yang disinyalir oleh pakar terorisme peluang sudah diekspor ke lokasi ISIS.

Menyikapi hal itu, pihak Toyota berujar tak tahu bagaimana ISIS dapat peroleh kendaraan mereka. Toyota juga tak tahu ada dealer yang jual kendaraan mereka ke grup teroris itu.

Tetapi, jika diketemukan, jadi pihak Toyota bakal ambil aksi, termasuk juga pemutusan kesepakatan distribusi. Toyota juga mensupport penyelidikan yang di pimpin oleh unit teror bagian keuangan Departemen Keuangan AS.

” Toyota mempunyai kebijakan yang ketat untuk tak jual kendaraan pada konsumen yang punya potensi bisa memakai atau memodifikasi kendaraan kami untuk aktivitas beberapa militer atau teroris, ” ujar Direktur Kebijakan Umum Toyota yang berbasiskan di Washington, Ed Lewis.

Written by 

Related posts