Search

Skuad Spesial AS Beri Pertolongan Tehnis Ke Filipina Perangi Grup Winger ISIS

AlikaNews.com – Skuad spesial Amerika Serikat (AS) dilaporkan turut turun tangan berikan pertolongan tehnis pada Filipina dalam memerangi kElompok Maute di Marawi. Pertolongan itu untuk menolong Manila akhiri pengepungan kota yang dikerjakan oleh grup winger ISIS itu.

Walau sekian, militer Filipina menyebutkan pertolongan dari skuad spesial AS tak meliputi keterlibatan di lapangan.

Info masalah pertolongan skuad spesial AS itu di sampaikan Kedutaan Besar AS di Manila pada Reuters. Baginya Kedubes AS, pertolongan tehnis itu sebagai jawaban atas keinginan pemerintah Filipina yang belum dapat membebaskan Marawi dari pendudukan beberapa ratus milisi winger ISIS semenjak 23 Mei 2017.

“Mereka tak bertempur, mereka cuma memberi support tehnis, ” ujar juru bicara militer Filipina Letnan Kolonel Jo-Ar Herrera mengonfirmasi pertolongan Washington, Hari sabtu (10/6/2017).

Walau skuad spesial AS tidak turut bertempur, tetapi pesawat pengintai Orion P3 AS sudah terbang diatas Kota Marawi pada hari Jumat. Pesawat mata-mata ini sering dihandalkan Washington dalam pengumpulan data intelijen berkaitan posisi musuh atau tujuan.

Pertolongan militer AS datang selepas Washington serta Manila ikut serta kemelut sepanjang berbulan-bulan. Kemelut dipicu oleh sikap keras Presiden Rodrigo Duterte yang menginginkan mengusir AS dari negaranya.

Pengerahan skuad spesial Washington ke Filipina bukanlah sekali ini berlangsung. Pada tahun 2002, skuad spesial AS pernah dikerahkan ke Mindanao untuk melatih serta berikan nasehat pada unit-unit militer Filipina yang memerangi gerilyawan Abu Sayyaf.

Written by 

Related posts