Search

Berikut Ini 8 Bahaya Sauna Bagi Kesehatan

AlikaNews.com – 1. Memicu terjadinya luka bakar

saunaBeberapa kasus telah terjadi pada beberapa orang yang telah melalukan terapi sauna, beberapa diantaranya sampai memerlukan rawat inap akibat terkena luka bakar setelah melakukan terapi tersebut. Sebagian besar luka bakar tersebut berasal dari kontak tidak disengaja yang dihasilkan dengan menyentuh alat pemanas yang digunakan saat terapi. Walaupun kebanyakan luka bakar tersebut sering tak seberapa, akan tetapi kadang-kadang bisa lebih serius, bahkan fatal.

Luka bakar bisa juga terjadi akibat paparan udara panas yang digunakan dalam sauna. Paparan tersebut bisa berakibat fatal karena dapat bisa menembus semua lapisan kulit yang bisa menimbulkan efek pingsan bagi pasien sauna.

2. Menimbulkan gangguan reproduksi

Bagi para pria, harus berpikir dua kali sebelum melakukan sauna. Karena, saat melakukan sauna, suhu tubuh akan mengalami peningkatan. Hal tersebut juga akan berpengaruh peningkatan suhu testis, hal ini telah bisa berdampak pada berkurangnya jumlah sperma. Sebuah studi menemukan bahwa sauna dapat menurunkan produksi sperma dalam waktu seminggu pasca melakukan terapi tersebut dan hal itu tidak kembali normal hingga lima minggu sesudahnya.

Selain itu, bagi para wanita hamil juga harus mengetahui dan menyadari bahwa sauna selama awal kehamilan dapat menyebabkan kelainan embrio atau janin.

3. Sauna tidak dapat membunuh semua organisme berbahaya pada tubuh

Suhu hangat dan lembab pada sauna bisa menjadi habitat yang sempurna untuk perkembangan organisme. The Journal of American Medical Association melaporkan bahwa kasus seorang seseorang yang telah melakukan terapi sauna secara teratur dapat mengembangkan demam, menggigil, dan bisa berkembang menjadi sesak napas dan kelelahan.

4. Memicu bulimia

Bahaya sauna selanjutnya adalah dapat menyebabkan gangguan pola makan. Beberapa pihak percaya bahwa dengan melakukan sauna dapat menurunkan berat badan. Saat melakukan sauna, frekuensi air dalam tubuh akan berkurang dengan drastis karena efek keluarnya keringat pada tubuh. Hal inilah yang seakan-akan memberikan efek penurunan badan.

Sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Psikiatri di University of Minnesota Medical School pada tahun 1991 menyatakan bahwa 14 pasien penderita bulimia diketahui secara rutin menghabiskan waktu yang lama di sauna sebagai teknik pengendalian berat badan. Meraka telah menyalahgunakan sauna dengan ditambah konsumsi diuretik dan obat pencahar yang menyebabkan terjadinya dehidrasi.

5. Dapat memicu dehidrasi

Suhu panas yang terjadi ketika sedang melakukan sauna akan menyebabkan keluarnya keringat yang dipercaya mampu menurunkan berat badan.

Namun, pada kenyataannya hal ini justru bisa menimbulkan efek kehausan, serta dehidrasi pada tubuh. Bahaya kekurangan air putih bagi tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan bagi tubuh manusia. Jadi anda harus waspada jika terjadi dehidrasi.

6. Menurunkan tekanan darah

Suhu panas saat melakukan sauna dapat melebarkan pembuluh darah pada permukaan kulit. Hal ini menimbulkan efek penarikan darah ke permukaan tubuh yang nantinya dapat didinginkan oleh keringat yang keluar dari dalam tubuh. Saat pembuluh darah melebar, tekanan darah akan mengalami penurunan. Bagi seseorang yang menderita hipertensi atau tekanan darah rendah, hal ini merupakan indikasi yang berbahaya karena salah satu penyebab darah rendah.

7. Memicu kelelahan

Melakukan sauna secara berlebihan akan menimbulkan efek panas pada tubuh. Hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan oleh udara yang semakin lembab saat melakukan sauna dapat menimbulkan keluarnya yang nantinya bisa mengurangi kemampuan kulit untuk mendinginkan tubuh. Selain itu, hal tersebut akan menimbulkan penurunan tekanan darah, dehidrasi berat serta kelelahan yang pada akhirnya akan memicu lemahnya asupan oksigen dalam tubuh dan sering disebut kelelahan otot.

8. Memicu stroke panas

Hal ini bisa terjadi ketika seseorang menghabiskan waktu terlalu lama di sauna atau sauna pada suhu yang terlalu tinggi. Gejala pertama gangguan ini adalah pusing dan mual. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut Anda harus segera meninggalkan sauna untuk mendinginkan tubuh.

Written by 

Related posts