Search

Apakah Dengan Membunyikan Tulang Bisa Mengatasi Nyeri Punggung?

Alikanews.com – Karena aktifitas harian yang sangat padat atau postur tubuh yang tidak baik saat bekerja, cukup banyak orang yang akhirnya mengalami nyeri punggung. Untuk mengatasi masalah nyeri punggung ini, mereka pun berusaha untuk membunyikan tulang belakangnya agar bisa membuat nyeri punggung ini mereda. Sebenarnya, apakah trik ini cukup efektif untuk mengatasi masalah nyeri punggung ini?

Sebuah riset terbaru yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of the American Medical Associationini berhasil mengungkapkan fakta kalau membunyikan tulang memang bisa membuat nyeri punggung menjadi terasa baikan. Tetapi, ada catatan yang sebaiknya kita perhatikan bila ingin lakukan hal ini. Dalam riset yang dilakukan dengan cara menganalisa 21 hasil studi sebelumnya ini, di ketahui kalau memanipulasi tulang atau menggerakkan tulang belakang ini memang bisa meredakan nyeri punggung ringan. Bila skala nyeri ini berjumlah 10, maka trik menggerakkan nyeri punggung bisa menurunkan 1 angka rasa nyeri tersebut . Sayangnya, trik membunyikan tulang ini ternyata tidak akan mempan untuk mengatasi nyeri punggung kronis atau yang sudah parah.

Dr. Wofl Mehling yang berasal dari Osher Center for Integrative Medicinemenyebutkan kalau trik membunyikan tulang baik itu yang dilakukan sendiri maupun bersama dengan orang lain ternyata tidak akan memberi manfaat berarti untuk nyeri punggung akut.

Riset yang lain yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menyebutkan bahwa jika seseorang mengalami nyeri punggung kurang dari enam hari di mana rasa nyeri ini belum menjalar sampai lutut dan tidak mengganggu aktifitas harian mereka secara berarti, maka trik membunyikan tulang ini bisa menurunkan rasa nyeri meskipun tidak begitu besar.

Pakar kesehatan sendiri merekomendasikan kita untuk memeriksakan masalah nyeri punggung ini ke dokter andai sudah cukup kronis atau hingga mengganggu aktifitas harian kita supaya bisa segera disembuhkan.

Semoga infonya bisa bermanfaat dan berguna.

Baca juga : Cara membedakan nyeri sendi dan pegal linu biasa

Written by 

Related posts