Search

Berikut Alasan Kenapa Ada Orang Yang Mudah Berkeringat Banyak

Alikanews.com – Cukup banyak orang yang cenderung lebih mudah berkeringat meskipun mereka sedang tidak olahraga, banyak bergerak, atau bahkan saat suhu udara tidak begitu panas. Sebagai contoh, saat kita tengah mengetik menggunakan komputer, telapak tangan bisa saja mendadak sudah basah karna mengeluarkan banyak keringat. Sebenarnya, apa yang menyebabkan ada orang yang berkeringat dengan jumlah yang berlebihan?

Sebuah riset pun dilakukan untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan ini. Dalam riset ini, ada 36 pria dan 24 wanita yang diminta untuk melakukan lebih dari satu tes yang diharapkan bisa mengungkap kebiasaan memproduksi keringat. Pada tes pertama, para partisipan diminta untuk melakukan latihan sepeda dengan intensitas ringan dengan suhu udara 27 derajat Celcius dan tingkat kelembaban udara 36 % selama 45 menit. Pada tes berikutnya, mereka lalu bersepeda dengan kondisi suhu dan kelembaban yang sama tetapi dengan intensitas yang moderat.

Setelah mengecek kebiasaan memproduksi keringat para partisipan, di ketahui kalau jenis kelamin ternyata tidak menentukan seberapa banyak produksi keringat. Tetapi, bentuk dan ukuran tubuh ternyata memang bisa mempengaruhi produksi keringat seseorang. Semakin besar ukuran tubuh seseorang, maka Ia juga cenderung semakin mudah memproduksi banyak keringat.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Para peneliti mengatakan bahwa pria dan wanita dengan bentuk dan ukuran tubuh yang kecil cenderung lebih mudah mengusir panas pada tubuhnya dengan cara meningkatkan sirkulasi. Sedangkan itu, mereka dengan ukuran tubuh lebih besar cenderung mendinginkan tubuhnya dengan cara memproduksi keringat lebih banyak.

Para peneliti mengatakan bahwa jika kita menurunkan berat tubuh, maka produksi keringat pun seharusnya bisa ikut menurun. Hanya saja, bila produksi keringat tetap saja banyak meskipun kita sudah menurunkan berat tubuh, bisa jadi kita mengalami gangguan hyperhidrosis yang tentu sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Semoga informasinya bisa bermanfaat ya.

Baca juga : Cara mengatasi keringat berlebih

Written by 

Related posts