Search

Efek Negatif Minum Kopi Yang Berlebihan Bagi Kesehatan

Alikanews.com – Banyak orang yang mengkonsumsi kopi di pagi atau menjelang siang hari dengan tujuan ingin membuat mereka lebih berkonsentrasi atau lebih waspada saat melakukan berbagai pekerjaan atau aktifitas. Memang kopi bisa memberi berbagai manfaat kesehatan seperti membuat tubuh semakin berenergi atau membantu proses pembakaran lemak dengan lebih baik, tetapi, ada baiknya kita tidak konsumsi kopi secara berlebihan karna bila kita melakukannya, terdapat banyak efek negatif bagi kesehatan tubuh seperti berikut :

1. Membuat detak jantung lebih cepat

Pakar kesehatan dan nutrisi dr. Jansen Ongko, MSc, RD, mengatakan kalau mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa membuat detak jantung cenderung lebih cepat. Dalam beberapa kasus, ada yang mengalami jantung yang berdebar-debar. Bila anda termasuk dalam orang yang mengalami masalah kesehatan jantung, sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi untuk menghindari masalah tersebut .

2. Memicu peningkatan asam lambung

Bila kita termasuk dalam orang memiliki gangguan maag, sebaiknya kita berhati-hati dalam konsumsi kopi. Di dalam kopi ternyata ada senyawa seperti katekol atau kafein yang bisa meningkatkan produksi asam lambung dengan signifikan sehingga bila kita mengkonsumsinya dengan berlebihan dikhawatirkan bisa membuat perut jadi tidak nyaman?

3. Membuat gugup

Kandungan kafein di dalam kopi ternyata bisa membuat seseorang cenderung mudah gugup, mengalami sakit kepala, insomnia, sampai gangguan emosional.

4. Meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung

Sebuah riset yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal kesehatan berjudul Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatryyang dirilis pada tahun 2002 yang lalu, mengatakan kalau konsumsi kopi lebih dari lima gelas setiap harinya akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada pembuluh darah. Hal ini pasti akan meningkatkan dampak terkena stroke dan serangan jantung dengan signifikan

Semoga infonya bisa berguna ya.

Baca juga :

Written by 

Related posts