Search

Mengatasnamakan Kemanusiaan, Korea Utara Bebaskan Mahasiswa Amerika Serikat

AlikaNews.com – Korea Utara (Korut) berujar kalau pihaknya sudah membebaskan warga negara Amerika Serikat (AS) Otto Warmbier atas basic kemanusiaan. Warmbier terlebih dulu pernah mendekam di penajara Korut sepanjang 17 bln..

Warmbier (22) seseorang mahasiswa University of Virginia dari pinggir kota Cincinnati, dievakuasi dengan medis ke AS pada Hari rabu tempo hari. Keluarganya berujar kalau ia tiba dalam situasi koma.

Kantor kabar Korut, KCNA berujar, pembebasan Warmbier ikuti ketentuan pengadilan pada hari Hari selasa. Tetapi, kantor kabar itu tak memberi perincian yang lain.

” Dibawah ketentuan Pengadilan Sentral Korea Utara pada 13 Juni, warga negara Amerika Otto Warmbier yang melakukan hukuman kerja paksa dipulangkan pada tanggal 13 Juni karna argumen kemanusiaan, ” catat KCNA sebagaimana dilansir dari Reuters, Hari kamis (15/6/2017).

Pembebasannya dikerjakan selepas Joseph Yun, perwakilan spesial Departemen Luar Negeri AS untuk Korut, lakukan perjalanan ke Pyongyang serta memohon pembebasan Warmbier atas ” argumen kemanusiaan, ” tutup beberapa kumpulan kontak diplomatik rahasia, ujar seseorang petinggi A. S.

Orang-tua Warmbier, Fred serta Cindy, membetulkan kalau anak lelaki mereka tengah dalam penerbangan untuk dievakuasi.

Warmbier ditahan pada Januari 2016 serta dijatuhi hukuman 15 tahun kerja paksa pada Maret tahun lalu. Ia dihukum karna berupaya mengambil barang dengan slogan propaganda, baginya media Korea Utara.

Keluarga Warmbier berujar kalau mereka diberitahu oleh petinggi Korut, lewat kontak dengan perwakilan Amerika, kalau Warmbier jatuh sakit karena keracunan sekian waktu selepas hukuman percobaan pada bln. Maret 2016 serta alami koma selepas minum pil tidur, lapor Washington Post.

New York Times mengutip seseorang petinggi senior AS berujar kalau Washington beberapa waktu terakhir terima laporan intelijen kalau Warmbier sudah berkali-kali dipukuli dalam tahanan.

Pembebasan Warmbier berlangsung ketika eks bintang basket AS Dennis Rodman tiba di Korut pada hari Hari selasa, dimana ia berjumpa dengan pemimpin negara itu, Kim Jong-un, pada kunjungan terlebih dulu.

Written by 

Related posts