Search

Ketahuilah Warna Piring Ternyata Bisa Mengendalikan Nafsu Makan

Alikanews.com – Sebuah riset ternyata berhasil mengungkapkan trik unik yang bisa membantu kita menjaga atau menurunkan berat tubuh dengan efektif. Trik tersebut yaitu dengan memilih warna dari piring yang kita gunakan saat makan. Bagaimana mungkin warna piring bisa mengendalikan nafsu makan kita? Berikut adalah penjelasannya.

Pakar diet bernama dr. Brian Wansink yang berasal dari Cornell University’s Food & Brand Labdi Amerika Serikat mengatakan kalau warna piring ternyata bisa mempengaruhi seberapa banyak porsi makanan yang kita konsumsi atau seberapa cepat kita akan merasa kenyang. Tidak hanya warna pada piring, warna dinding dari ruang makan, cahaya lampu dari tempat kita makan juga bisa bisa mengendalikan nafsu makan kita.

Dr. Wansink mengatakan bahwa jika kita mengkonsumsi nasi putih, sebaiknya kita memakai piring dengan warna yang gelap. Adanya perbedaan warna yang kontras ini bisa membuat kita lebih awas pada seberapa banyak porsi nasi yang kita ambil. Bila kita juga menggunakan piring dengan warna yang relatif sama dengan nasi atau makanan yang kita makan, kita akan cenderung mengambil porsi makanan itu 18 % lebih banyak sehingga tentu akan berpengaruh besar untuk berat tubuh kita.

Riset lain dari Harvard Medical School menyebutkan kalau warna piring seperti pink pucat atau abu-abu ternyata bisa membuat kita makan dengan lebih tenang, lebih lambat, dan tidak terburu-buruk Selain itu, makan nasi dengan piring berwarna biru tua, merah, atau hitam akan membuat kita lebih baik dalam mengontrol porsi nasi yang kita makan.

Tidak hanya nasi, kita juga bisa memperhatikan wadah es krim yang kita konsumsi. Sebagai contoh, bila kita ingin konsumsi es krim vanilla, sebaiknya kita menggunakan wadah berwarna gelap. Sementara itu, es krim cokelat sebaiknya ditempatkan pada wadah dengan warna yang cerah. Dengan perbedaan warna yang kontras pada makanan dan wadah makanan, maka kita pun akan lebih baik dalam mengendalikan porsi makanan yang kita konsumsi.

Semoga informasinya bisa bermanfaat ya.

Written by 

Related posts