Search

Tangguhkan Operasi Tempur 48 Jam, Tentara Suriah Umumkan Gencatan Senjata

AlikaNews.com – Tentara Suriah berujar mau menangguhkan operasi tempur di kota selatan Deraa sepanjang 48 jam dari Hari sabtu. Ketentuan ini dikerjakan bersamaan pengumuman dua usaha terpisah beberapa mediator untuk mengadakan perundingan perdamaian baru bln. depan.

” Komando umum tentara Suriah berujar gencatan senjata pada siang hari diimplementasikan untuk mensupport usaha rekonsiliasi, ” baginya satu pernyataan yang kabarak oleh kantor kabar pemerintah SANA sebagaimana dilansir dari Reuters, Hari minggu (18/6/207).

Pengumuman itu di sampaikan pada hari yang sama juga dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa berujar kalau pihaknya menginginkan mulai perundingan damai pada faksi-faksi Suriah pada 10 Juli di Jenewa. Moskow juga berujar kalau pihaknya mengharapkan untuk mengadakan perbincangan di ibukota Kazakhstan Astana pada 4-5 Juli.

Semenjak dimulainya kembali perundingan perdamaian tahun lalu, sudah berlangsung sebagian putaran yang diperantarai oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa pada perwakilan pemberontak Suriah serta pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang menyebabkan sedikit perkembangan.

Jalur beda perbincangan yang diperantarai oleh Rusia, sekutu kunci Assad, juga sudah berlangsung di Astana, Kazakhstan, semenjak Januari.

Dalam satu pernyataan yang di kirim lewat e-mail, kantor mediator spesial Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Suriah Staffan de Mistura berujar kalau ia menginginkan mengadakan putaran ke-7 perundingan Jenewa pada bln. Juli. Putaran setelah itu mau dimainkan pada bln. Agustus dan September.

Amerika Serikat (AS) menyongsong baik pengumuman gencatan senjata itu serta memohon pemerintah Suriah untuk penuhi prinsip gencatan senjata.

” Kami mau menganggap gagasan ini dengan akhirnya bukanlah kalimat, ” ujar juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert dalam satu pernyataan.

Ia juga menekan grup oposisi Suriah untuk hentikan serangan supaya sangat mungkin pertolongan kemanusiaan mencapai mereka yang memerlukan.

Dalam lebih dari enam tahun, perseteruan Suriah sudah menewaskan beberapa ratus ribu orang serta mendorong lebih dari 11 juta orang pergi dari tempat tinggal mereka.

Written by 

Related posts