Search

Hal Yang Perlu Diperhatikan Andai Anda Suka Mengunakan AC

Alikanews.com – Mengingat kita memang tinggal di negara dengan iklim yang tropis, maka kita pun bisa merasakan suhu yang panas sepanjang hari. Untuk mengatasinya, kita bisa dengan mudah menggunakan kipas angin atau AC. Untuk sebagian orang, AC dianggap lebih efektif untuk mengatasi hawa panas dan membuat ruangan jadi lebih nyaman digunakan. Karna alasan inilah banyak area perkantoran atau bebrapa rumah yang menggunakannya. Meskipun terlihat begitu nyaman untuk digunakan, pakar kesehatan mengatakan jika sebaiknya kita memperhatikan hal-hal berikut andai memang menggunakan AC.

Pakar kesehatan kulit dr. Rajan, T. D, berkata kalau tidak seperti kipas angin yang hanya menggerakkan udara, AC cenderung menyejukkan ruangan tetapi dengan cara mengeluarkan kelembapan udara. Hal ini berarti, udara dari AC akan sangat kering. Bila kita menggunakan AC dalam waktu yang lama, maka kelembapan kulit pun akan sangat berkurang sehingga akan menyebabkan masalah kulit kering, kulit bersisik, sampai masalah kulit rapuh. Untuk mengatasi hal ini, maka sebaiknya kita mencukupi kebutuhan air minum sehingga kita akan menjaga kelembaban kulit dengan baik sekaligus menjaga kelancaran sirkulasi darah. Selain itu, kita juga akan lebih baik melawan penuaan dini berupa munculnya kerutan yang bisa muncul andai kulit cenderung kering.

Dr. Rajan juga merekomendasikan kita yang suka menggunakan AC untuk tidak asal berpindah ruangan ke suhu yang cenderung lebih panas tiba-tiba. Sebagai contoh, selepas cukup lama tinggal di ruangan ber-AC dengan suhu dingin, sebaiknya kita tidak langsung pergi ke luar ruangan dibawah teriknya sinar matahari. Hal semacam ini ternyata bisa menyebabkan stress pada kulit dan berpengaruh buruk pada kesehatan kulit wajah.

Andai kita sering menggunakan AC di tempat kerja, sebaiknya kita tidak menggunakan AC di rumah supaya kulit kita tidak terlalu kering. Selain itu, pastikan kita menggunakan sabun yang memiliki pelembab saat mandi agar kita bisa menjaga kelembaban kulit dengan baik.

Semoga infonya bisa bermanfaat ya.

Baca juga : Ternyata penggunaan AC bisa mempengaruhi kualitas tidur

Written by 

Related posts