Search

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

AlikaNews.Com – Cinnamon adalah nama beda dari kayu manis yang datang dari bhs Yunani yang bermakna kayu yang manis. Tanaman ini banyak tumbuh di Pulau Jawa. Termasuk juga dalam famili Laureceae, pohon kayu manis (atau nama ilmiahnya Cinnamomum zeylanicum), pohon kayu mempunyai tinggi maximum 9 mtr. dengan kulit kayu berwarna abu-abu licin. Daunnya berupa mata tombak dengan panjang sekitaran 20 cm serta lebar 5 cm. Daun berwarna hijau di bagian atas serta warna putih di bagian bawah. Berbunga kecil dengan warna putih atau kekuning-kuningan yang membuat gugusan.
Sisi dari pohon kayu manis yang digunakan yaitu kayu sisi dalam yang berwarna lebih gelap karna di bagian dalam tercium bau yang harum sementara kulit sisi luar tak berbau harum. Sisi dalam kulit kayu ini juga akan dikeringkan dibawah cahaya matahari. Akhirnya, kulit kayu juga akan membuat gulungan yang lalu dipotong selama 5-8 cm jadi batang-batang kecil atau ditumbuk jadi bentuk bubuk. Bentuk sebagaimana berikut yang umum kita dapatkan serta digunakan sebagai pengharum serta penambah rasa pada makanan, minuman atau jadikan bahan aromaterapi serta minyak wangi.

Langkah Penyajian Kayu Manis
Cara-cara penyajian kayu manis sebagai pencinta pada minuman dan makanan diantaranya :
– Pakai batang kayu manis ukuran kecil sebagai pengaduk pada minuman panas sebagaimana cokelat, susu panas atau pada minuman sereal
– Diseduh berbarengan dengan teh.
Campur bubuk kayu manis pada kue atau berikan potongan-potongan kecil kayu manis sebagai penghias kue Anda.
– Digunakan sebagai bumbu pada masakan sebagaimana ketika memmbuat nasi, pasta, daging atau sayur.

Faedah Kayu Manis

Lainnya sebagai pengharum serta penguat rasa pada minuman dan makanan, kayu manis atau cinnamon mempunyai sebagian manfaat untuk meredakan problem kesehatan karna kayu manis memiliki kandungan mangan, zat besi serta kalsium. Faedahnya untuk yang dirasakan kesehatan, diantaranya untuk turunkan gula darah, turunkan kolestrol, turunkan desakan darah, tingkatkan daya ingat, meredakan nyeri otot serta sendi, menangani problem gusi serta gigi, sariawan, meredakan sakit kepala, migren, menangani radang tenggorokan, memperingan problem perut serta kram ketika haid dan menyingkirkan problem bau mulut.
Anda bisa meminum rebusan parutan kayu manis untuk coba menangani problem kesehatan yang Anda alami jika Anda tak mencampurkan dengan makanan atau minuman. Untuk problem radang tenggorokan, sariawan atau bau mulut, pas dengan berkumur dengan rebusan air dengan perbandingan ½ sendok teh kayu manis dengan 1 gelas air.
Untuk penyimpanan lebih lama, kayu manis berbentuk bubuk lebih pas karna bisa disimpan sepanjang 6 bulan, sementara kayu manis batangan tak sepanjang kayu manis berbentuk bubuk. Taruh kayu manis dalam tempat yang sejuk, kering serta gelap.

Written by 

Related posts