Search

Tips Menjaga Gigi Susu Anak Agar Tetap Sehat

Alikanews.com – Banyak orang-tua yang menyepelekan kesehatan gigi susu anak karna menganggapnya akan tanggal dan digantikan oleh gigi lainnya. Padahal, sebaiknya gigi susu anak juga harus tetap dirawat karna andai tidak dilakukan, akan beresiko terkena gigi berlubang atau karies gigi. Pakar kesehatan mengatakan jika meskipun akan tanggal, gigi susu mempunyai fungsi penting untuk mempertahankan ruang untuk gigi permanen yang akan tumbuh nantinya. Andai gigi susu pada anak ini berlubang dan justru tanggal sebelum wktunya, maka hal ini akan membuat tatanan gigi permanen bisa berantakan nantinya.

Sebaiknya orangtua mulai mengubah pola pikirnya pada gigi susu anak. Tidak hanya mempengaruhi tatanan gigi, banyak anak yang mengeluhkan rasa nyeri pada giginya andai mengalami masalah gigi berlubang dan hal ini bisa membuat anak mengalami masalah makan yang tentu akan sangat buruk untuk perkembangan fisiknya.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk merawat gigi susu pada anak? kita sebaiknya menggunakan sikat gigi bayi yang berbentuk lembut dan berukuran lebih kecil bila dibandingkan dengan sikat gigi pada umumnya. Andai anak masih belum bisa menyikat giginya sendiri, maka usahakanlah orangtua yang membantu menyikat gigi anak dengan teratur, khususnya sebelum tidur. Andai kita ingin memakai pasta gigi, sebaiknya kita menggunakannya sedikit saja, yaitu sekitar sebutir beras sehingga enamel giginya pun akan tetap terjaga dari berbagai kerusakan.

Pakar kesehatan mengatakan bila gigi susu biasanya tumbuh saat anak mulai berusia lebih dari enam bulan atau saat anak mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Banyak orangtua yang setidaknya mulai membersihkan gigi anak dengan memakai kasa basah sebelum tidur. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, sebaiknya memang anak diajari untuk menyikat giginya sendiri sehingga akan terbiasa untuk merawat kesehatan gigi dan mulutnya di masa depan.

Semoga infonya bisa berguna.

Written by 

Related posts