Search

Inilah Alasan Yang Menyebabkan Munculnya Rasa Geli Ketika Digelitik

Alikanews.com – Sebagian orang memiliki “kelemahan” besar berupa mudahnya mereka merasa geli ketika digelitiki. Beberapa bagian tubuh yang dapat memberikan rasa geli ketika digelitiki biasanya yaitu area ketiak, leher, paha bagian dalam, tulang iga, atau bahkan perut bagian samping. Yang menarik yaitu, ada beberapa orang yang tidak merasakan geli sama sekali andai digelitiki pada bagian tubuh itu. Sebenarnya, apakah alasan yang menyebabkan kita merasa geli ketika digelitiki?

Pakar kesehatan mengatakan bila adanya rasa geli sampai munculnya tertawa ketika digelitiki terjadi karna adanya mekanisme evolusioner dalam tubuh yang sebenarnya ditujukan untuk membela diri atau menangkis gerakan tangan orang yang lain yang dianggap membahayakan. Adanya rasa geli biasanya membuat kita ingin menghindari atau segera menyingkir dari tangan-tangan yang menggelitiki, bukan? Selain itu, ada pula penyebab lain dari munculnya rasa geli ini, yaitu adanya sensitivitas saat terkena sentuhan. Ada sebagian orang yang memiliki tingkat sensitifitas yang lebih tinggi dari orang lain sehingga bisa membuat mereka merasa geli sampai tertawa. Sedangkan itu, ada juga orang yang mempunyai tingkat sensitifitas yang rendah hingga misal mereka digelitiki, mereka malah cuma terasa tak nyaman.

Yang menarik yaitu, rasa geli bisa dibedakan jadi dua tipe. Yang pertama yaitu knismesis atau rasa geli yang cenderung ringan seperti ada bulu yang disentuhkan pada kulit. Biasanya, rasa geli ini bisa kita lakukan pada diri kita sendiri. Sedangkan itu, rasa geli yang lain yaitu gargalesis yang cenderung lebih agresif di mana saat bagian tubuh yang sensitif digelitiki, kita bisa tertawa lepas sampai kehabisan napas.

Pakar kesehatan mengatakan jika saat ujung saraf pada bawah kulit terstimulasi oleh sentuhan, maka korteks akan segera menganalisa sentuhan itu dan mengirimnya ke dua bagian otak yang akan memberi sinyal untuk tertawa dan merasa senang.

Menggelitiki yaitu salah satu cara untuk membangun ikatan emosional antara manusia. Karna alasan berikut, banyak orangtua yang bercanda dengan anaknya dengan menggelitikinya atau beberapa teman dekat yang melakukannya untuk menjahili temannya.

Semoga informasinya bisa bermanfaat ya.

Written by 

Related posts