Search

5 Faktor Bibir Menjadi Hitam

AlikaNews.Com – Sama sebagaimana kulit, bibir juga mempunyai melanin walau jumlahnya amat sedikit. Jumlah pigmen pemberi warna alami kulit ini ditetapkan oleh aspek genetik. Bibir juga mempunyai susunan kulit yang begitu tipis dibanding kulit muka serta sisi badan yang lain. Oleh karena itu pembuluh darah di bawahnya terlihat lebih terangnya serta mewarnai pink sampai merah pada bibir.

Tetapi sayang, warna alami bibir ini dapat hilang serta beralih warna jadi gelap atau malahan kehitaman. Walau tak beresiko, bibir hitam dapat memberikan indikasi problem kesehatan beda. Bibir hitam dapat juga turunkan tingkat keyakinan diri, khususnya pada kaum hawa.

Sebelumnya mencari langkah untuk menangani bibir hitam, sebaiknya bila Anda mengetahui apa sajakah beberapa aspek penyebabnya bibir hitam di bawah ini :

1. Merokok serta alkohol
Kecanduan merokok dalam periode waktu lama bisa menyebabakan penggelapan bibir. Nikotin serta tar di dalamnya menyempitkan pembuluh darah hingga aliran darah terganggu serta bibir menggelap. Hal semacam ini dapat diatasi ketika perokok hentikan kebiasannya. Sebagian type alkohol spesifik memakai senyawa asam untuk percepat fermentasi serta menyebabkan bercak hitam pada kulit. Begitu halnya narkotika spesifik sebagaimana kokain atau sabu-sabu.

3. Anemia
Anemia adalah satu diantara aspek terpenting penyebabnya bibir gelap pada wanita produktif. Semuanya type anemia dapat punya pengaruh, walau paling berlangsung pada pasien anemia yang kekurangan zat besi. Konsentrasi hemoglobin beberapa pasien anemia lebih rendah dari pada beberapa orang normal.

Hemoglobin ini bertugas membawa oksigen serta memengaruhi warna merah alami darah. Karna warna bibir di pengaruhi oleh pembuluh darah di bawahnya, minimnya hemoglobin atau sel darah merah dapat menjadikan bibir menggelap serta membiru.

4. Bibir kering
Minimnya susunan kulit pada bibir membuatnya gampang kehilangan kelembapan alaminya. Terlebih bibir tak mempunyai kelenjar minyak sebagaimana kulit. Walaupun, minimnya kelembapan dapat mengakibatkan bibir pecah-pecah serta bila selalu berlangsung bisa menjadikan warna bibir beralih.

Bibir kering umumnya berwarna pucat, tetapi bila tak selekasnya diatasi bisa mengakibatkan kulit di sekitaran bibir kecoklatan. Bibir kering umum dihadapi ketika cuaca berangin, tetapi juga umum didapati pada perokok yang kerap hirup serta keluarkan udara dari bibir.

5. Paparan cahaya matahari
Paparan cahaya matahari dapat merangsang produksi melanin sebagaimana yang dihadapi sisi kulit yang lain. Karna konsentrasinya lebih rendah pada bibir, dampaknya mungkin saja tak sangat penting. Tetapi rendahnya produksi melanin ini menjadikan perlindungan bibir dari cahaya matahari menyusut. Cahaya matahari kritis sepanjang bertahun-tahun dapat juga menyebabkan timbulnya lentigo serta melasma yang mengakibatkan diskolorasi.

6. Masalah makan
Kekurangan gizi dapat berlangsung pada pasien masalah makan sebagaimana anoreksia serta bulimia. Walaupun, nutrisi yang kita makan memastikan keoptimalan kerja organ serta memengaruhi penampilan luar badan kita, termasuk juga kulit serta bibir. Lainnya itu, pasien bulimia juga mempunyai rutinitas memuntahkan makanan dengan berulang serta terus-menerus. Asam lambung ini dapat mengakibatkan kerusakan gigi serta bibir serta mengakibatkan penggelapan bibir dalam jangkap panjang.

Written by 

Related posts