Search

5 Jenis Vitamin dan Khasiatnya Untuk Kulit

AlikaNews.Com – Nutrisi mempunyai peran perlu dalam melindungi kesehatan serta keindahan kulit. Minimnya nutrisi malahan bisa menyebabkan beragam jenis problem. Jadi tidak heran, banyak vitamin serta mineral diikutkan dalam beberapa produk perawatan kecantikan. Mengkonsumsi buah serta sayuran yang kaya nutrisi juga dipandang sebagai satu diantara langkah paling efisien untuk memperoleh kulit indah dengan alami dari pada badan.

Vitamin Esensial untuk Kulit
Semasing individu mempunyai tingkat keperluan nutrisi yang berlainan sesuai sama type dengan kulitnya. Tetapi pada umumnya, ada lima vitamin yang paling perlu untuk kulit. Vitamin-vitamin ini mempunyai faedahnya sendiri, sebagaimana terdaftar berikut ini :

1. Vitamin A
Vitamin A dapat percepat pergantian sel kulit hingga dibutuhkan dalam melindungi serta melakukan perbaikan jaringan kulit yang rusak. Tanpa ada vitamin A, kulit bisa tampak kering, bersisik, serta kasar. Retinol, satu diantara bentuk vitamin A, sering dipakai pada bahan kosmetik serta obat untuk menyembuhkan eksim, luka gores, luka bakar, atau ichtyosis.

Retinoid sintesis juga sudah dipakai dalam perawatan jerawat serta psoriasis semenjak tahun 1980-an. Satu diantara riset yang dikerjakan oleh American Academy of Dermatology juga tunjukkan kalau lotion yang memiliki kandungan vitamin A bisa menolong menangani jerawat dan kurangi garis halus di muka.

2. Vitamin B Kompleks
Faedah tidak kalah perlu dapat juga Anda peroleh dari vitamin B kompleks. Khususnya vitamin B7 atau biotin yang dibutuhkan sebagai kofaktor enzim yang mengatur metabolisme asam lemak untuk membuat sel kulit, kuku, serta rambut. Defisiensi biotin bisa menyebabakan dermatitis serta kerontokan rambut, meskipun tidak sering berlangsung karna biotin dapat diperoleh dengan gampang lewat nasi, telur, atau pisang.

Vitamin B kompleks beda juga banyak dipakai dalam cream temaal. Umpamanya vitamin B1 yang bisa tingkatkan aliran pada badan serta menjadikan kulit bersinar. Sedangkan itu, Niacin dalam B3 menolong sediakan oksigen untuk kulit, menghindar perubahan jerawat, membuat cerah kulit, serta menjaga kelembabannya. Niacin juga mempunyai senyawa anti inflamasi hingga bisa dipakai untuk menjaga kulit teriritasi.

3. Vitamin C
Vitamin C begitu perlu untuk kulit karna bisa merangsang produksi kolagen. Sebagaimana banyak di ketahui, kolagen dibutuhkan untuk melindungi elastisitas serta kestabilan kulit. Vitamin ini menolong kurangi kerutan di muka serta melakukan perbaikan struktur kulit. Vitamin C juga termasuk juga anti-oksidan efisien yang bisa menghindar penuaan kulit serta menghindarkannya dari rusaknya karena cahaya UV.

Mengkonsumsi vitamin C bisa percepat pergantian jaringan kulit yang rusak. Studi observasi juga memerlihatkan kalau diet tinggi vitamin C berkaitan dengan penampilan kulit yang tambah baik serta menyusutnya kerutan. Demikian sebaliknya, defisiensi vitamin C bisa mengakibatkan kulit kering serta kasar. Kekurangan vitamin ini disinyalir terkait dengan munculnya hiperkeratosis pillaris, yakni rusaknya folikel ketika skema kolagen terganggu.

4. Vitamin E
Sama sebagaimana vitamin C, vitamin E adalah anti-oksidan yang bisa menolong melawan rusaknya sel karena radikal bebas. Hal semacam ini disibak oleh “The Journal of Investigative Dermatology” tahun 2005 yang berujar bila mengkonsumsi vitamin C serta E dalam periode waktu lama bisa kurangi resiko kulit terbakar oleh radiasi UVB.

Pemakaian vitamin E bisa kurangi penampilan kulit yang kering serta kasar. Tidak cuma menjaga kekenyalan serta kelembutan kulit, vitamin E juga bisa memperkuat rambut. Anda dapat juga memoleskan minyak vitamin E untuk menyamarkan sisa luka yang membandel.

5. Vitamin K
Vitamin K mungkin saja tak sangat menolong melindungi keindahan kulit dari dalam. Tetapi riset dari University of Miami School of Medicine 2002 lalu tunjukkan kalau cream vitamin K temaal bisa kurangi lingkar hitam di sekitaran mata dengan baik.

Hal semacam ini disinyalir karna vitamin K bisa mengatur pembekuan darah. Walau kantung mata bisa dikarenakan oleh beragam aspek, biasanya “mata panda” ini tampak terangnya karna ada pembuluh darah kecil yang bocor, meradang, atau bengkak. Kulit di sekitaran mata sendiri begitu tipis hingga pembuluh darah yang bengkak bisa dengan gampang tampak.

Cream vitamin K juga banyak dipakai untuk kurangi memar selesai melakukan operasi laser. Riset beda dari Nippon Medical School juga membuka kalau gel yang memiliki kandungan turunan vitamin K, A, C, serta E, efisien untuk menyingkirkan kantung mata serta kurangi keriput.

Written by 

Related posts