Search

8 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kulit Wajah

AlikaNews.Com – Mungkin saja tanpa ada Anda sadari, ada bebrapa rutinitas jelek yang bisa mengakibatkan kerusakan kulit muka. Dari mulai menyebabkan problem umum sebagaimana jerawat serta komedo, sampai problem yang lebih serius sebagaimana kerutan, penuaan awal sampai kanker.

Bila Anda kerap lakukan beberapa hal di bawah ini, selekasnya hentikan supaya kulit Anda jadi lebih sehat serta terlihat lebih fresh. Kebiasaan-kebiasaan yang bisa mengakibatkan kerusakan kulit di muka Anda diantaranya :

1. Merokok
Merokok adalah rutinitas jelek yang perlu Anda jauhi bila inginkan kulit sehat. Merokok bisa membuat enzim matrix metalloproteinases yang mengakibatkan kerusakan kolagen. Mengakibatkan, keriput, noda hitam, serta garis-garis halus gampang keluar di umur muda.

Merokok juga mengganggu sistem peremajaan sel kulit karna aliran darah terhalang. Lebih kronis sekali lagi, rutinitas ini bisa tingkatkan resiko terserang kanker kulit serta problem kesehatan yang lain.

2.  Minum alkohol
Mengkonsumsi alkohol terlalu berlebih bisa menjadikan kulit dehidrasi serta kehilangan minyak alaminya. Kesegaran kulit juga menyusut serta rawan keluar garis-garis halus dan keriput. Alkohol dapat juga memperlebar pembuluh darah hingga kulit muka merah serta gampang berjerawat. Tidak cuma itu, minum alkohol dapat jadi parah penyakit kulit sebagaimana rosacea, eksim, serta psoriasis.

3. Kurang minum air putih
Kulit membutuhkan cairan yang pas untuk menjaga keremajaan serta elastisitasnya. Minimnya konsumsi cairan bisa mengakibatkan kulit kering serta kusam. Rajin minum air putih juga menolong keluarkan toksin dari badan serta menjadikan kulit muka tampak lebih fresh.

4. Kurang tidur
Tidur adalah saat yang begitu perlu untuk beberapa sel kulit untuk melakukan perbaikan diri dari rusaknya. Ketika Anda tidur, hormon perbaikan beberapa sel juga akan di produksi semakin banyak. Bila Anda kurang tidur, sistem pergantian kulit tak bisa jalan maksimal serta susunan kulit melemah. Kurang tidur dapat juga mengakibatkan Anda stres hingga kulit terlihat kusam, dan jadi parah jerawat, eksim, ataupun psoriasis.

5. Tidur tanpa ada bersihkan make up
Tidur tanpa ada bersihkan make-up bisa menjadikan pori-pori Anda terhalang serta menyebabkan jerawat. Ditambah sekali lagi, ketika kita tidur, temperatur badan sedikit bertambah hingga kulit bisa menyerap sisa make-up serta kotoran lebih cepat.

6. Malas ganti sarung bantal serta sprei
Tidak cuma kebersihan muka, kebersihan tempat tidur penting juga untuk di perhatikan. Keringat, minyak, beberapa sel kulit mati, bakteri, serta sisa-sisa make-up sering melekat di bantal serta bisa terserap ke kulit muka ketika Anda tidur.

Jangan sampai malas untuk ganti sarung bantal serta sprei Anda. Bila sangat mungkin, ganti sarung katun umum dengan bahan beda yang lebih lembut sebagaimana satin, sutra, atau katun Mesir karna sarung bantal yang kasar bisa mengakibatkan keriput.

7. Malas membersihkan spon serta kuas make up
Alat-alat make-up sering diabaikan kebersihannya oleh beberapa wanita. Walaupun, bakteri bisa menumpuk di kuas serta spons make-up yang tak sempat dibikin bersih. Mengakibatkan, jerawat, komedo, atau infeksi bakteri gampang keluar.

Bersihkan spon serta kuas make-up dengan teratur dengan memakai brush cleaner atau shampo lembut minimum satu minggu sekali serta keringkan semalaman. Hidari meminjamkan alat make-up Anda ke orang yang lain karna bisa menebarkan infeksi.

8.  Bersihkan muka dengan air panas
Beberapa orang pilih memakai air panas ketika membersihkan muka karna dipandang bisa buka pori-pori. Tetapi, air yang sangat panas malah bisa menyingkirkan minyak alami dari muka dan membuatnya kering, gatal, serta memerah. Steam muka juga butuh dikerjakan dengan temperatur spesifik. Pakai air hangat-hangat kuku untuk bersihkan muka tanpa ada merusaknya.

 

Written by 

Related posts