Search

5 Penyebab Timbul Kantung Mata

AlikaNews.Com – Kantung mata adalah satu diantara problem yang sering dihadapi beberapa wanita. Walau bukanlah termasuk juga problem kesehatan yang serius, lingkaran hitam dibawah mata–sering juga dimaksud mata panda–ini bisa turunkan tingkat keyakinan diri untuk beberapa orang. Sebabnya, muka jadi tampak kuyu serta tak fresh.

Sebelumnya cepat-cepat mencari langkah mengatasinya, sebaiknya bila Anda mencari tahu pemicunya apalagi dulu. Karna bila Anda ketahui penyebabnya tentunya, Anda semakin lebih gampang mencari jalan keluar yang paling pas untuk mengatasinya. Di bawah ini sebagian aspek yang bisa mengakibatkan timbulnya kantung mata :

1. Aspek Genetik
lingkaran hitam mata pandaGenetik termasuk juga satu diantara aspek terpenting yang memengaruhi ada kantung mata lainnya alergi serta hidung terhalang. Lingkaran hitam dibawah mata ini lebih kerap keluar pada mereka yang mempunyai kulit hitam serta masyarakat Asia biasanya. Hal semacam ini karena sebab ada kandungan melanin yang lebih tinggi pada kulit.

Kantung mata dapat juga di pengaruhi oleh bentuk muka, susunan tulang, keadaan kulit sebagaimana eksim atopik, ataupun penuaan. Ketika badan menua, kulit kehilangan kolagen serta menipis hingga urat darah halus jadi lebih terangnya tampak.

Untuk ketahui apakah kantung mata Anda dikarenakan oleh aspek genetik atau penuaan, Anda dapat ikuti langkah di bawah ini. Pencet dengan lembut daerah dibawah mata dengan ujung jari untuk meregangkan kulit serta tahan sepanjang sekitaran 30 detik.

Bila ruang itu makin gelap, kantung mata Anda mungkin saja dikarenakan oleh aspek genetik atau penuaan. Bila warna tak beralih, bisa dikarenakan oleh alergi atau paparan cahaya UV. Bila akhirnya berubah-ubah serta lingkaran hitam tak hilang seutuhnya ketika Anda melepas tangan, tetapi lebih tersamar, Anda mungkin saja alami gabungan keunggulan pigmen serta problem pembuluh darah.

2. Alergi
Lingkaran hitam bisa dikarenakan oleh alergi musiman sebagaimana alergi sari bunga, makanan, kosmetik, serta alergen yang lain yang berada di tempat tinggal ataupun tempat kerja. Alergi bisa menyebabkan peradangan yang jadi besar pembuluh nadi kecil dibawah mata.

Pembuluh nadi yang bengkak ini menghimpit kulit di ruang mata yang tipis hingga warnanya jadi terangnya tampak. Tanyakan type alergi Anda ke dokter untuk memperoleh obat yang pas.

Janganlah mengucek mata Anda ketika terasa gatal atau iritasi. Anda malah juga akan mengakibatkan kerusakan pembuluh kapiler kecil yang bisa mengakibatkan kulit sekitaran mata bengkak serta beralih warna. Menggaruk serta menggosok-gosok mata dapat juga merangsang melanocytes (sel penghasil melanin) untuk menggelapkan pigmen di ruang itu.

3. Hidung terhalang
Saluran hidung yang terssumbat bisa menyebabkan kantung mata karna pembuluh nadi dari mata ke hidung Anda melebar serta menggelap.

4. Kurang vitamin serta nutrisi
Minimnya vitamin B, E, C, serta K bisa menimbulkan kantung mata. Vitamin juga dibutuhkan dalam kerja kelenjar adrenalin. Ketika kelenjar itu kelelahan karena stres, mengkonsumsi cafein, gula, serta alkohol terlalu berlebih, penyerapan vitamin jadi menyusut hingga muka tampak bengkak serta kantung mata keluar.

Kurangi makanan berlemak serta goreng-gorengan dan rajinlah konsumsi sayur serta buah-buahan. Juga kurangi mengkonsumsi garam karna bisa mengakibatkan badan kehilangan air hingga pembuluh darah dibawah kulit terlihat lebih biru.

5.  Dehidrasi
Minumlah pas air untuk menghindar dehidrasi yang bisa mengakibatkan pembuluh darah meluas serta bengkak. Kurangi mengkonsumsi alkohol serta cafein karna menjadikan badan dehidrasi serta kurang tidur.

Written by 

Related posts