Search

Ketahui Gejala Virus Zika

AlikaNews.Com – Sesungguhnya virus ini sudah lama diketemukan. Virus ini teridentifikasi pertama kalinya pada tahun 1947 di Uganda pada seekor monyet lewat kontrol pada demam kuning. Pada tahun 1952, virus ini diketemukan sudah menjangkit pada manusia di Republik Tanzania. Di rentang tahun 1960 sampai 1980, virus ini menebar serta menjangkiti masyarakat Asia serta Afrika. Selepas peristiwa mengagumkan berlangsung pada Pulau Yap (pulau kecil di mikronesia) pada tahun 2007, pada tahun 2015 masalah virus zika kembali merebak di Brazil.

Pada tahun 2016, diberitakan sebagian masalah virus zika sudah masuk ke Indonesia, lewat pendatang yang datang dari luar negeri yang diberitakan sudah terjangkit virus ini dari negara yang terlebih dulu dikunjungi.

Tanda Infeksi Virus Zika

Walaupun masih begitu tidak sering didapati di Indonesia, tetapi ada beberepa masalah di mana seorang terjangkit virus ini selepas lakukan perjalanan keluarga negeri. Oleh karena itu kita butuh untuk waspada serta siaga pada tanda dari infeksi virus zika ini.

Tersebut disini tanda dari infeksi virus zika :

1. Sakit Kepala
2. Keluar iritasi atau ruam pada kulit
3. Otot serta sendi pegal-pegal
4. Radang mata
5. Demam

Tanda infeksi dari virus Zika bisa dimainkan pada dua hari sampai satu hari minggu. Sepintas tanda karena infeksi virus ini serupa dengan tanda influenza serta demam berdarah.

Tetapi riset yang dikerjakan WHO sampai ketika ini, yang memerkirakan kalau virus Zika bertanggungjawab atas terjadinya kelainan pada janin, yaitu microcephaly, dimana keadaan tengkorak serta otak dari calon bayi jadi lebih kecil dari pada ukuran otak yang normal. Hal semacam ini mendorong beberapa ilmuan untuk tetaplah lakukan riset tentang bagaimana kompleksnya virus ini.

Virus zika bisa masuk lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti, di negara tropis sebagaimana Indonesia kita butuh siaga karna mereka berkembang cepat di iklim tropis. Nyamuk ini aktif saat pagi sampai mendekati sore.

Oleh karenanya kita dihimbau untuk siaga pada gigitan nyamuk ini. Mengenai langkah yang bisa kita kerjakan supaya terlepas dari infeksi virus zika diantaranya :

– Saat kita juga akan meninggalkan tempat tinggal baiknya memakai lotion anti nyamuk supaya meminimalisir gigitan nyamuk ini.
– Hindari hubungan seksual ketika pasangan hamil, karna bisa menyebarkan virus pada calon bayi. Masa pengobatan virus ini diprediksikan 6 bulan.
– Memakai baju berwarna jelas. Studi WHO tunjukkan kalau nyamuk tak sukai dengan warna yang jelas.
– Lakukan 3 M, Kuras bak air, Mengubur botol serta kaleng sisa, dan tutup bak air.
– Tak menggantung baju dalam jumlah banyak, karna bisa jadi tempat persembunyian nyamuk.
– Tidur dengan memakai AC (Air conditioner).

Beberapa cara diatas itu seumpamanya bisa melindungi kita supaya tak terserang gigitan nyamuk Aedes yang menebarkan virus zika.

Butuh diingat kalau virus ini belum juga mempunyai vaksin untuk mencegah virusnya, hingga kita butuh siaga senantiasa juga akan beberapa gejala yang muncul pada kita atau orang paling dekat kita.

Langkah paling baik untuk menyembuhkan beberapa gejala yang muncul yaitu dengan minum obat yang meredakan tandanya, lalu dibarengi dengan istirahat yang pas serta meminum banyak air supaya tak kekurangan cairan serta menormalklan suhu badan. Bila tanda yang dihadapi tak kunjung turun selepas satu minggu, diinginkan untuk selekasnya ke dokter atau rumah sakit untuk memperoleh perlakuan medis.

Written by 

Related posts