Search

Ketahui Penyebab Hypertiroid

AlikaNews.Com – Hipertiroid, atau hipertiroidisme, yaitu keadaan dimana kelenjar getah bening (thyroid/tiroid) menghasilkan sangat banyak hormon. Letak kelenjar getah bening ada di sekitaran leher, peranannya yaitu menghasilkan hormon yang nanti dilepaskan ke aliran darah untuk mengontrol perkembangan serta metabolisme badan.

Hormon yang dibuat kelenjar getah bening yaitu T3 (triiodothyronine) serta T4 (tetraiodothyronine).

Jika seorang mengalami hipertiroid, darahnya juga akan mempunyai sangat banyak T2 serta T3. Hipertiroid biasanya semakin banyak terkena oleh wanita di banding lelaki.

Penyebabnya Hipertiroid

Satu diantara penyebabnya hipertiroid yang umum diidap yaitu Graves disease, satu diantara kelainan system imun yang dikarenakan oleh antibodi yang bernama thyroid stimulating immunoglobulin (TSI). TSI menjadikan kelenjar getah bening menghasilkan sangat banyak hormon.

Lainnya Graves, hipertiroid dapat juga dikarenakan oleh bengkak di kelenjar getah bening atau biasanya kita kenal dengan gondok atau gondong (nodular goiter), yang dikarenakan sangat banyak konsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan iodine. Penyakit ini menjadikan kelenjar getah bening menghasilkan semakin banyak hormon.

Lainnya itu, thyroiditis atau inflamasi pada tiroid juga mengakibatkan timbulnya tanda hipertiroid. Thyroiditis dikarenakan oleh serangan virus ke system imun.

Penyakit beda sebagai penyebabnya hipertiroid yaitu tumor ovarium atau testis, tumor tiroid atau kelenjar pituitari, serta dampak dari obat/suplemen ataupun diet.

Written by 

Related posts