Search

AlikaNews.Com – Ketika berpuasa, getah lambung tetaplah bekerja meskipun tak ada makanan yang diolah, serta terjadinya keton dari pembakaran lemak oleh badan, yang baunya dapat menjangkau rongga mulut.

Lainnya itu, karna tak minum dan makan, produksi saliva (air liur) di mulut jadi menyusut serta mengakibatkan mulut kering. Tanpa ada cairan-alami-pembasmi-bakteri ini, lidah serta langit-langit mulut jadi sarang berkembang-biaknya bakteri, serta mengakibatkan bau tak enak keluar dari mulut Anda.

Menangani Bau Mulut Ketika Berpuasa
Lalu bagaimana caranya mengatasinya? Tersebut disini sebagian panduan yang dapat Anda kerjakan untuk menghindar serta kurangi bau mulut saat tengah berpuasa :

1. Menyikat gigi
Senantiasa jagalah kebersihan mulut Anda selama seharian. Di bulan Ramadhan, sikatlah gigi paling tidak 2 x satu hari, serta janganlah lupa sikat gigi Anda selepas makan sahur atau sebelumnya melakukan shalat subuh.

2. Bersihkan lidah
Lidah yaitu sarangnya bakteri di mulut. Kerena itu, janganlah lupa bersihkan lidah Anda. Ini dapat Anda kerjakan memakai alat/sikat spesial pembersih lidah. Bila tak ada, Anda dapat memakai sisi sikat yang lembut dari sikat gigi Anda. Gosok permukaan lidah dengan lembut untuk bersihkan plak serta bakteri yang melekat di lidah Anda selepas makan sahur.

3. Memakai cairan pembersih mulut
Bila butuh, Anda dapat memakai cairan pembersih mulut (mouthwash) selepas menyikat gigi, untuk menolong melawan bakteri serta beri kesegaran mulut Anda.

menghindar bau mulut
Minum banyak air diluar saat puasa untuk melindungi hidrasi badan
4. Minum banyak air
Di luar saat puasa, umpamanya ketika sahur serta selepas berbuka, minumlah air yang pas. Minumlah satu gelas tiap-tiap sebagian jam pada saat selepas berbuka sampai makan sahur Anda. Ini untuk melindungi tingkat hidrasi badan Anda tetaplah baik, serta menolong menghindar bau mulut saat Anda berpuasa di siang hari.

5. Berkumur di siang hari
Anda dapat berkumur di siang hari (sepanjang tak ada air yang ditelan dengan berniat) untuk menangani mulut kering. Untungnya, Anda dapat mengerjakannya saat ber-wudhu sebelumnya melakukan shalat (Zhuhur serta Ashar). Hal semacam ini begitu menolong untuk mangatasi mulut yang kering, yang disebut paling utama bau mulut saat tengah berpuasa.

bau mulut saat puasa
Bawang serta sebagian type makanan yang lain dapat mengakibatkan bau mulut.

6. Jauhi sebagian makanan tertentu
Ya. Anda dapat menghindar bau mulut saat tengah berpuasa dengan hindari sebagian makanan spesial yang dapat mengakibatkan bau mulut. Salah satunya yaitu bawang (terutama bawang mentah), rempah-rempah beraroma tajam, pete serta jengkol, dan makanan yang pedas (makanan pedas menjadikan mulut jadi kering).

Written by 

Related posts