Search

6 Manfaat Serat Bagi Paru – Paru

AlikaNews.Com – Dalam satu riset di University of Nebraska Medical Center dengan mengkaji data dari National Health and Nutrition Examination Surveys (NHNES), mengenai hubungan pada mengkonsumsi serat serta kesehatan paru-paru, berujar kalau mereka dengan konsumsi serat yang tinggi mempunyai kemampuan paru-paru semakin besar serta bisa hirup semakin banyak udara dalam satu detik dibanding mereka dengan konsumsi serat yang sedikit.

“Penyakit paru-paru adalah problem kesehatan yang paling umum terkena, hingga begitu perlu untuk ketahui beberapa aspek resiko sebagai aksi mencegah, ” ujar Corrine Hanson, PhD, RD, pemimpin riset serta profesor nutrisi medis di University of Nebraska Medical Center.

“Namun bagaimanapun, lainnya berhenti merokok, amat sedikit taktik yang bisa diketemukan. Tingkatkan konsumsi serat bisa jadi langkah yang praktis serta efisien buat mereka yang mengalami penyakit paru-paru, ” imbuhnya.

gambar paru-paru (lungs) Dalam riset itu diterangkan kalau serat mempunyai dampak yang untungkan untuk paru-paru. Riset beda juga tunjukkan kalau serat bisa kurangi peradangan pada badan yang disebut penyebabnya penyakit paru-paru. Lainnya itu, serat bisa merubah komposisi microbiome usus yang bisa menolong kurangi infeksi and keluarkan beberapa zat kimia pelindung paru-paru.

Tersebut disini faedah lainnya dari serat yang baiknya Anda mengkonsumsi sehari-hari :

1. Mengatur gula darah
Serat larut bisa perlambat penyerapan gula didalam badan yang menolong mengatur gula darah. Riset juga tunjukkan kalau wanita dengan konsumsi serat larut yang tinggi mempunyai 42% lebih sedikit resistensi insulin.

Dalam riset beda juga diterangkan kalau mereka yang mempunyai konsumsi serat yang pas sehari-hari (lebih dari 26 gr) mempunyai resiko diabetes type-2 18% lebih rendah dibanding dengan mereka yang kurang konsumsi serat (kurang dari 19 gr satu hari).

2. Melindungi Kesehatan jantung
Dalam satu riset sudah diketemukan kalau mereka yang konsumsi serat dalam jumlah yang disarankan mempunyai resiko penyakit jantung 40% lebih rendah.

3. Turunkan resiko stroke
Dalam riset mengenai stroke serta konsumsi serat sehari-hari, diterangkan kalau mereka yang penuhi konsumsi serat sejumlah 7 gr dalam satu hari bisa kurangi resiko stroke sebesar 7%.

4. Turunkan berat tubuh
Suplemen dengan bahan paling utama serat sudah tunjukkan faedah yang besar dalam kurangi berat tubuh untuk pasien obesitas, hal semacam ini karena serat bisa tingkatkan perasaan kenyang yang lebih lama. Lainnya itu, saat microba didalam usus menyerap serat, ia melepas asam lemak rantai pendek yang lalu menuju hipotalamus didalam otak, yang berikan tanda untuk berhenti makan.

5. Melindungi kesehatan kulit
Serat, khususnya kulit psyllium, bisa menolong keluarkan jamur dari pada badan yang bisa menyebabkan munculnya jerawat serta ruam.

6. Kurangi resiko batu empedu serta batu ginjal
Konsumsi serat yang tinggi bisa menolong kurangi resiko penyakit batu empedu serta ginjal, karna serat menolong mengatur gula darah didalam badan.

Written by 

Related posts