Search

4 Cara Mencegah Karang Gigi

AlikaNews.Com – Karang gigi (kalkulus gigi) yaitu deposit yang terjadi dari plak pada gigi. Biasanya karang gigi juga akan mirip kerak yang keras, melekat serta menyelimuti sebagian ruang pada gigi.

Karang gigi yang melekat di gigi serta garis gusi
Karang gigi pas gampang dikenali pada gigi, karna warnanya yang kuning sampai cokelat. Malahan dapat menghitam bila di pengaruhi oleh rutinitas sebagaimana merokok serta minum kopi.

Bagaimana karang gigi terjadi?
Meskipun anda begitu melindungi kebersihan gigi serta mulut, tetaplah saja ada bakteri di mulut anda. Bakteri itu juga akan bercampur dengan protein serta sisa-sisa makanan, membuat susunan yang melekat di gigi, yang dimaksud plak gigi (plaque).

Plak gigi yaitu semula dari banyak problem gigi serta gusi, yang dapat menghadap pada rusaknya gigi, gigi berlubang, gusi bengkak serta bernanah, serta bau mulut. Tetapi bila anda rajin bersihkan plak gigi, anda dapat menghindar rusaknya gigi yang permanen.

Demikian sebaliknya, problem itu juga akan makin lebih buruk bila plak gigi dilewatkan, yang lama kelamaan juga akan mengeras serta membuat karang gigi. Meski terjadinya begitu lambat, sedikit sehari-hari, tetapi cuma dokter gigi yang dapat mengangkan karang gigi yang melekat di gigi anda.

Karang gigi yang melekat juga akan makin menyulitkan anda bersihkan gigi. Sikat gigi serta floss tak pas untuk bersihkan karang gigi yang melekat di gigi anda.

Bila karang gigi terjadi di garis gusi, jadi bakterinya bisa menginfeksi gusi anda, membuatnya iritasi serta bengkak, yang bisa menghadap pada banyak masalah pada gusi anda.

Panduan Mengontrol serta Menghindar Karang Gigi

Karang gigi melekat dengan begitu kuat pada gigi, hingga sistem pengangkatan karang gigi mesti dikerjakan oleh dokter/pakar gigi profesional. Tetapi ada banyak hal yang dapat anda kerjakan untuk mengontrol serta menghindar pembentukan karang gigi.

1. Sikat gigi dengan rutin
Sikatlah gigi anda paling tidak 2 x dalam satu hari. Pakai sikat gigi dengan sikat yang lembut serta pas kecil untuk mencapai sela-sela gigi serta menjangkau sisi terdalam dari gigi anda. Kerjakan sikat gigi sepanjang 2 menit tiap-tiap kalinya, untuk menyingkirkan plak serta menghindar pembentukan karang gigi.

2. Pakai pasta gigi dengan fluoride
Kandungan fluoride pada pasta gigi juga akan menolong menghindar plak gigi mengeras serta jadi karang gigi. Selain itu, fluoride penting juga untuk melakukan perbaikan rusaknya enamel gigi. Lebih jauh sekali lagi, sebagian product ada juga yang memiliki kandungan triclosan, yang dapat menolong melawan bakteri yang ada pada plak gigi.

3. Pakai dental floss dengan reguler
Dental floss yaitu benang gigi yang dipakai untuk bersihkan sela-sela gigi. Meskipun anda rajin menyikat gigi, dental floss yaitu hanya satu langkah untuk bersihkan plak di sela-sela gigi anda serta menghindar pembentukan karang gigi ditempat itu.

4. Janganlah merokok
Beragam studi tunjukkan kalau orang yang merokok atau memakai product tembakau yang lain, relatif alami problem karang gigi. Merokok malahan dapat menghadirkan banyak problem beda yang lebih serius untuk gigi serta mulut. Lebih jauh, baca : Dampak jelek merokok untuk kesehatan mulut.

Cermati makanan yang anda konsumsi
Bakteri di mulut juga akan makin ‘subur’ bila anda konsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak gula. Ketika bakteri berjumpa dengan type makanan ini, juga akan hasilkan zat asam beresiko yang bisa mengakibatkan kerusakan enamel gigi, membuat plak, serta tingkatkan kemungkinan terjadinya karang gigi.

Written by 

Related posts