Search

Sinar Matahari dan Vitamin D

AlikaNews.Com – Vitamin D begitu perlu untuk melindungi kesehatan tulang serta badan. Vitamin D menolong penyerapan kalsium serta fosfor yang diperlukan tulang dari makanan.

Tanpa ada vitamin D, tulang dapat melunak serta melemah, yang selanjutnya bisa mengakibatkan perubahan bentuk tulang. Karenanya tiap-tiap orang, dari mulai anak-anak sampai umur imbuh memerlukan konsumsi vitamin D.

Sama sebagaimana vitamin beda, vitamin D dapat diperoleh dari suplemen serta beragam makanan sebagaimana telur, sarden, salmon, daging, susu, dan lain-lain.

Lainnya itu, ada langkah yang paling murah serta gampang, yaitu dengan memperoleh vitamin D dari cahaya matahari.

Cahaya matahari serta produksi vitamin D

Badan kita didesain untuk menghasilkan vitamin D ketika kulit terkena cahaya matahari, lebih persisnya cahaya UVB. Anda tak butuh lakukan tanning atau berjemur sampai kulit terbakar, pas dengan berjemur sebentar. Biasanya, saat yang dibutuhkan yaitu 15 hingga 20 menit.

vitamin d dari cahaya matahari
Paparan cahaya matahari sepanjang 15-20 menit memberi konsumsi vitamin D harian yang diperlukan badan.
Tetapi, terdapat banyak aspek yang memengaruhi jumlah produksi vitamin D pada tiap-tiap orang.

Aspek-faktor yang memengaruhi produksi vitamin D oleh badan

1. Warna kulit
Makin putih kulit Anda, makin gampang badan hasilkan vitamin D, makin singkat juga saat yang Anda butuhkan dibawah cahaya matahari. Yang memiliki kulit hitam mempunyai melanin semakin banyak hingga memerlukan saat lebih lama, malahan sampai 6 kali dibanding orang berkulit putih.

Sebabnya, melanin berperan membuat perlindungan kulit dari cahaya matahari hingga penetrasi cahaya UVB menyusut. Produksi vitamin D juga jadi bertambah sesuai sama luas ruang kulit yang terkena cahaya matahari.

2. Tempat
Di daerah tropis sebagaimana Indonesia, kita dapat memperoleh vitamin D selama tahun. Berlainan dengan negara empat musim yang mempunyai hari pendek pada musim dingin. Cahaya matahari juga akan makin intensif di beberapa tempat beraltitude tinggi sebagaimana pegunungan.

3. Waktu
Mendekati siang hari, badan juga akan makin gampang menghasilkan vitamin D. Tetapi, yakinkan untuk tak berjemur pada pukul 11 pagi sampai 2 siang karna tingkat radiasinya begitu tinggi, menjangkau indeks 8 sampai 11 berdasar pada data The London-based Weather On-line pada 2010 lalu. Janganlah lupa untuk menggunakan sunscreen serta perlindungan beda ketika melakukan aktivitas diluar ruang pada jam-jam itu untuk kurangi resiko terserang kanker kulit.

4. Cuaca
Ketika cuaca mendung, makin sedikit cahaya UVB yang tiba di kulit Anda. Polusi udara dapat juga menghalangi penetrasi cahaya UVB, demikian halnya bila Anda ada didalam ruang atau ada dibalik jendela kaca.

Yang butuh di perhatikan, cahaya UVA mempunyai gelombang lebih panjang sampai lebih gampang menembus material. Cahaya UVA ini bisa menghancurkan vitamin D serta mengakibatkan kanker kulit. Oleh karenanya, jauhi berjemur dari balik jendela kaca yang bisa menghalangi UVB serta melanjutkan UVA.

5. Usia
Makin umur Anda jadi bertambah, makin susah kulit menghasilkan vitamin D. Hingga Anda mungkin saja membutuhkan penambahan suplemen sesuai sama saran dokter.

Written by 

Related posts