Search

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata

AlikaNews.Com – Mata yaitu organ yang begitu bernilai. Oleh karenanya, kesehatan mata harus juga memperoleh perhatian yang lebih juga. Untungnya, beberapa hal yang dapat dikerjakan untuk melindungi kesehatan mata serta mengoptimalkan peranan pandangan anda.

Melindungi Kesehatan Mata
Lakukan tes mata dengan reguler adalah langkah paling baik untuk memaksimalkan kesehatan mata anda. Serta sebagai penambahan, sebagian panduan di bawah ini bisa menolong anda untuk melindungi supaya mata anda tetaplah sehat :

1. Istirahatkan Mata
Melihat monitor computer (maupun monitor digital yang lain) tak jelek untuk mata. Tetapi memandangnya sangat lama juga akan menjadikan mata capek, kering, masalah konsentrasi, sampai sakit kepala. Demikian halnya perihal saat mata fokus pada suatu hal kurun waktu yang lama.

Disarankan untuk kerap mengedipkan mata supaya permukaannya tetaplah terhidrasi, dan lakukan ketentuan 20/20 : yang berarti tiap-tiap 20 menit lihat monitor computer, alihkan pandangan dari monitor paling tidak 20 detik. Lihatlah suatu hal diluar jendela atau suatu hal yang jauh untuk menjadikan mata menjaga kekuatan fokusnya.

Lainnya itu, yakinkan jarak mata dengan monitor computer paling tidak 30 cm. Ini berlaku saat anda membaca buku.

2.Pakai Kacamata
Kacamata tak cuma aksesori untuk fashion, tetapi sangat perlu untuk perlindungan mata dari bahaya cahaya ultraviolet (uv). Ya, seperti pada kulit, cahaya uv juga tak baik untuk mata. Paparan cahaya uv yang terlalu berlebih untuk mata dapat mengakibatkan katarak serta degenerasi makula.

Ketika beli kacamata, pastikan yang bisa mem-blok 90% – 100% ke-2 cahaya UV-A serta UV-B. Bila keluar ruang di siang hari, manfaatkanlah kacamata itu. Topi dapat juga dipakai sebagai perlindungan penambahan.

3. Kebersihan Lensa Kontak
Untuk menghindar infeksi, senantiasa bersihkan tangan sebelumnya menyentuh, menempatkan, serta melepas lensa kontak anda. Pakai cara pembersihan lensa kontak yang disarankan, dan ubahlah lensa anda tiap-tiap 2-3 bulan.

4. Janganlah Merokok
Beragam studi tunjukkan kalau merokok bisa mengakibatkan kerusakan jaringan pembuluh darah, termasuk juga jaringan yang berada di mata serta di sekitaran mata anda. Merokok juga dihubungkan dengan beragam masalah pada mata sebagaimana degenerasi makula, katarak, serta rusaknya saraf optik, yang semua dapat menghadap pada kebutaan.

5. Makanan untuk Kesehatan Mata
Satu diantara langkah membuat perlindungan mata dari dalam dengan alami yaitu lewat diet/alur makan keseharian. Sebagai sisi dari alur makan anda, sisipkan buah serta sayuran, dan beberapa makanan yang kaya nutrisi sebagaimana vitamin A, C, serta E, omega-3, lutein dan zinc. Lebih jauh, bacalah juga makanan untuk melindungi kesehatan mata.

Written by 

Related posts