Search

Siklus Tidur Baik yang Perlu Anda Ketahui

AlikaNews.Com – Tidur memegang peran perlu pada kesehatan serta kesehatan badan selama seharian. Mempunyai tidur yang berkwalitas serta sehat menolong melindungi kesehatan fisik, kesehatan mental dan kualitas hidup pada umumnya. Kurang tidur bisa memengaruhi kekuatan berfikir, bereaksi, produktivitas, kerativitas, belajar dan bekerja, serta memberi efek jelek pada badan.

Siklus Tidur

Sleeping Girl (Wikimedia Commons)
Tiap-tiap orang mempunyai jam internal yang mengatur pada tidur serta terbangun, yang umumnya dimaksud dengan arti biological clock atau circadian rhythm.

Siklus itu ditata lewat satu sistem di otak berdasar pada berapakah lama badan sudah terbangun dan perubahan pada jelas serta gelap (siang serta malam). Pada malam hari, badan juga akan menghasilkan melatonin, hormon yang menjadikan seorang terasa ngantuk. Demikian sebaliknya, di siang hari, sinar matahari menyebabkan otak untuk hentikan produksi melatonin hingga seorang juga akan terasa terbangun.

Siklus biological clock dapat juga terganggu, terutama oleh beberapa aspek sebagaimana sift kerja malam, perjalanan melewati zone saat, alur tidur yang tak teratur maupun karna problem masalah tidur. Lainnya itu, produksi melatonin dapat juga terhalang bila seorang amat sedikit ‘terpapar’ cahaya matahari sepanjang siang hari, atau karna terekspos oleh sangat banyak sinar artifisial pada malam hari (umpamanya dari lampu serta perlengkapan elektronik sebagaimana tv, computer, hp, dll.)

Written by 

Related posts