Search

8 Makanan yang Mengandung Protein

AlikaNews.Com – Protein yaitu satu diantara nutrisi makro yang paling diperlukan oleh badan, kerena peranan vitalnya untuk beberapa sel serta jaringan pada badan supaya bisa berperan dengan baik. Konsumsi protein begitu memengaruhi metabolisme serta kesehatan badan tiap-tiap orang.

Wajarnya, kita memerlukan konsumsi protein sekitaran 1 gr per kg berat tubuh sehari-harinya. Rata-rata, orang dewasa Indonesia memerlukan sekitaran 50 gr protein /hari untuk lelaki, serta 40 gr protein untunk wanita. Keadaan beda sebagaimana wanita hamil serta menyusui pasti memerlukan konsumsi protein lebih tinggi dari umumnya.

Sumber Protein dari Makanan

Protein terjadi dari beragam type asam amino. Dari 20 type asam amino yang dibutuhkan untuk pembentukan protein, 9 salah satunya cuma dapat diperoleh dari makanan. Karenanya begitu perlu selalu untuk memasukkan makanan sumber protein dalam tiap-tiap menu makanan anda.

Di bawah ini yaitu sebagian makanan tinggi protein yang baik untuk penuhi konsumsi protein harian anda :

1. Telur

makanan sumber protein
Telur adalah pilihan gampang untuk sediakan protein untuk badan.
Telur, baik sisi putih ataupun kuningnya, adalah satu diantara sumber makanan paling sehat serta bergizi didunia ini. Dalam sebutir telur cuma terdapat sekitaran 78 kalori saja, serta melaluinya Anda dapat peroleh protein sejumlah 6 gr. Walau keseluruhnya bagiannya tinggi protein, tetapi protein murni semakin dapat diperoleh lewat putih telurnya.

Di samping protein, telur juga diperkaya dengan bermacam vitamin, mineral, lemak sehat, anti-oksidan yang bagus untuk mata, dan nutrisi untuk otak.

2. Almond

Diantara beragam type kacang-kacangan, almond adalah satu diantara yang paling unggul. Tidak cuma kaya serat, kacang ini tinggi vitamin E, mangan, ataupun kandungan magnesiumnya. Dengan konsumsi 28 gr almond saja, Anda malahan telah dapat peroleh protein sejumlah 6 gr.

Type kacang beda yang memiliki kandungan banyak protein diantaranya pistachio serta mete.

3. Dada ayam

Daging ayam panggang, terutama yang di ambil dari sisi dadanya, adalah makanan tinggi protein selanjutnya. Walau jika digoreng tepung, struktur renyah kulitnya demikian menggoda, tetapi ingat-ingatlah kalau sisi ini malah berisi banyak kalori. Jadi bila menginginkan diet jalan lancar, jadi jauhi konsumsi sisi kulitnya. Dengan hal tersebut badan cuma juga akan peroleh konsumsi 284 kalori serta 53 gr protein saja.

4. Oat

Tunggulah dahulu, janganlah cepat-cepat mengklaim kalau makanan tinggi protein satu ini tak enak. Bila dikonsumsi bersama dengan buah strawberry, pisang, atau blueberry, oat bisa jadi satu diantara menu sarapan yang paling sehat dan lezat. Anda cuma butuh membiasakan diri saja.

Lainnya memperoleh faedah sehat dari kandungan serat, magnesium, mangan, ataupun thiamin (vitamin B1), Anda dapat juga peroleh 13 gr protein dengan konsumsi 100 gr oat. Masalah kalorinya, tenang cuma 303 kalori saja yang juga akan Anda peroleh dari jumlah itu.

5. Cottage cheese

Cottage cheese adalah type keju merasa asam yang di buat dari dadih susu. Sifatnya yang rendah lemak serta kalori (cuma 194 kalori per 226 gr), menjadikan keju ini pas untuk penggemar diet. Lainnya memiliki kandungan 27 gr protein, cottage cheese juga berisi kalsium, fosfor, selenium, riboflavin (vitamin B12), dan bermacam nutrisi perlu yang lain.

Juga akan namun bila Anda kurang pas dengan rasa-rasanya yang asam, jadi tidak ada kelirunya pilih keju tinggi protein yang lain sebagaimana parmesan, swiss, mozzarella, atau cheddar sebagai alternatif.

6. Greek Yogurt

Berrbeda dengan yogurt yang di jual di market biasanya, Greek yogurt mempunyai struktur yang lebih kental karna melibatkan penyaringan pada akhirnya. Tidak cuma bercitarasa lezat, Greek yogurt terutama yang tanpa ada penambahan gula, juga kaya nutrisi. Salah nya ialah 17 gr protein serta 100 kalori per hidangan 170 gramnya.

7. Susu

Minuman memiliki nutrisi tinggi ini memiliki kandungan nyaris semuanya nutrisi yang dibutuhkan oleh badan. Lainnya memiliki kandungan 149 kalori dalam setiap cangkirnya, susu juga berisi 8 gr protein, kalsium, fosfor, dan riboflavin (vitamin B2).

8. Brokoli

Sayuran memiliki tekstur padat dan renyah ini tidak cuma dipadati kandungan bioaktif yang bisa menghindar kanker, tetapi juga vitamin C, K, serat, serta potasium. Selain itu 96 gr brokoli diprediksikan memiliki kandungan sekurang-kurangnya 3 gr protein dengan cuma 31 kalori saja.

Written by 

Related posts