Search

6 Cara Mudah Mengatur Porsi Makan Anda

AlikaNews.Com – Tak butuh pembatasan kalori yang ekstrim. Yang Anda perlukan hanya sebagian trick yang bisa Anda pakai untuk sedikit kurangi jumlah makanan tanpa ada butuh terasa kehilangan atau malahan tanpa ada Anda sadari.

Merujuk pada buku popular berjudul Mindless Eating karya seseorang profesor di Cornell University bernama Brian Wansink, kami juga akan sharing 10 langkah gampang membatasi makanan tanpa ada Anda butuh menyadarinya, sebagai tersebut :

1.  Gunakan piring dengan ukuran yang lebih kecil
Biasanya makan dengan piring memiliki ukuran besar menjadikan Anda ambil jumlah makanan semakin banyak bila dibanding makan dengan memakai piring yang lebih kecil. Mengapa sekian? Karna tanpa ada Anda sadari jumlah makan yang juga akan Diambil nyatanya sesuaikan dengan seberapa besar piring yang Anda pakai.

langkah membatasi makan
Piring lebih kecil efisien untuk membatasi makan. Isabelle0583/pixabay
Asumsinya Anda anyar juga akan terasa kenyang jika penuhi piring Anda makanan, hingga ketika Anda ambil makanan di piring besar jadi Anda juga akan penuhi piring itu, sama seperti ketika Anda makan dengan piring yang lebih kecil Anda akan tetaplah memenuhinya.
Ketidaksamaannya yaitu walaupun keduanya sama penuh tetapi ukuran piring yang lebih kecil mempunyai jumlah makanan lebih sedikit bila dibanding pada piring yang memiliki ukuran semakin besar.

2.  Pilih gelas yang tinggi
Sama seperti dengan ukuran piring punya pengaruh pada jumlah makanan, penentuan ketinggian gelas sangat punya pengaruh. Malahan saat ada dua gelas yang mempunyai volume yang sama, ukuran gelas yang tinggi menjadikan gelas tampak semakin besar bila dibanding dengan gelas yang memiliki ukuran lebar serta pendek.

Dengan langkah tersebut Anda bisa kurangi cairan kalori tanpa ada Anda sadari. Oleh karenanya pastikan gelas yang tinggi dibanding gelas yang memiliki ukuran pendek serta lebar.

3.  Gunakan piring yang berwarna kontras dengan makanan
Saat warna piring sesuai sama warna makanan Anda, jadi dengan alami Anda juga akan makan semakin banyak karna otak Anda sedikit kesusahan membedakan ukuran jumlah serta piring.

4.  Jangan makan dimuka TV
Rutinitas makan sembari lihat tv nampaknya tidaklah rutinitas yang baik, karna tanpa ada sadar rutinitas ini menjadikan Anda makan semakin banyak dari umumnya karna Anda lebih konsentrasi pada monitor TV dibanding dengan makanan yang tengah Anda makan. Anda selalu menyogok tanpa ada memerhatikan jumlah kalori yang telah Anda telan.

5.  Mengunyah dengan benar
Tahukah Anda nyatanya ketika ini umumnya orang tidak sering kunyah ketika mereka makan, jikalau kunyah mereka cuma mengerjakannya sekian kali sebelumnya pada akhirnya memasukkan sekali lagi makanan yang anyar. Coba untuk perlambatnya serta kunyah dengan benar hingga kalori yang masuk jadi lebih sedikit.

6.  Jauhkan camilan, ganti dengan makanan sehat
Satu riset sudah memberikan kalau orang juga akan makan semakin banyak saat mereka lihat ada makanan di sekelilingnya. Sedangkan walaupun terdapat beberapa makanan disuatu tempat, tetapi jika makanan itu tak ada dekat dari jangkauannya jadi pilih untuk tak mengambilnya.

Oleh karenanya, untuk hindari ngemil terlalu berlebih jadi yakinkan Anda menghindari beberapa makanan itu jauh dari pandangan Anda, atau tambah baik sekali lagi bila tak ada sekalipun. Anda dapat menggantinya dengan menempatkan beberapa makanan sehat sebagaimana semangkuk buah-buahan, kacang-kacangan dan sebagainya di sekitaran Anda.

Written by 

Related posts