Search

7 Khasiat Ceri Bagi Kesehatan

AlikaNews.Com – Buah ceri (cherry) adalah buah-buahan drupa yang masih satu keluarga dengan apel, pir, plum, serta arbei. Buah yang biasanya berwarna merah ini terbagi dalam beragam type, tetapi ada dua spesies yang paling kerap dikonsumsi, yaitu Prunus avium (ceri manis) serta Prunus cerasus (ceri asam).

Pohon ceri datang dari daerah beriklim tengah serta susah dibudidayakan di Indonesia. Ceri umumnya jadikan sebagai hiasan kue tart, sementara buah segarnya pas susah didapati di market serta harga nya termasuk mahal.
Dengan kandungan fitokimia yang berlimpah diperlengkapi sebagian vitamin serta mineral, ceri memiliki bermacam faedah kesehatan sebagaimana terdaftar berikut ini :

1. Perlindungan antioksidan
Antosianin didalam ceri membuat perlindungan badan dari rusaknya oksidatif dengan cara-cara. Yaitu melawan radikal bebas dengan langsung, mengikatnya ke DNA untuk menghindar rusaknya oksidatif, dan aktifkan sisten enzim detoksifikasi serta anti-oksidan didalam badan.

Antosianin ceri memerlihatkan perlindungan pada pembuluh darah serta beberapa sel otak, dan diinginkan bisa menghindar aterosklerosis, penyakit degeneratif sebagaimana dementia, serta kanker. Satu diantara studi memerlihatkan kalau antosianin, khususnya sianidin, menolong diferensiasi sel serta menghindar sel sehat bertransformasi jadi kanker.

Studi beda tunjukkan kalau antosianin bisa perlambat perubahan sel kanker usus besar manusia.

2. Meredakan asam urat
Ceri serta sari ceri sudah dipakai semenjak tahun 1950an untuk meredakan tanda artritis serta gout atau lebih popular dengan nama asam urat. Sebagian riset sendiri tunjukkan kalau mengkonsumsi ceri asam bisa turunkan kandungan asam urat serta peradangan pada badan.

3. Menyehatkan jantung
Riset yang dihidangkan dalam Experimental Biology 2011 memerlihatkan kalau mengkonsumsi sari ceri asam menolong turunkan kandungan trigliserida, VLDL, serta molekul protein yang ikut serta dalam pembentukan plak ateroskeloris yang bisa mengakibatkan penyakit jantung. Ceri juga mempunyai potasium yang menolong mengatur detak jantung serta desakan darah pada badan.

4. Meredakan rasa sakit
Ekstrak ceri bisa menghambat kerja enzim COX-1 serta COX-2 yang ikut serta dalam sistem peradangan serta sensasi rasa sakit. Kesibukan penghalangan oleh antosianin ini malahan sepadan dengan mengkonsumsi sebagian obat-obatan pereda nyeri.

Riset tunjukkan kalau pasien osteoartritis yang minum 2 gelas juice ceri asam sehari-hari alami penurunan inflamasi yang penting selepas 3 hari minggu. Mereka juga alami penurunan rasa sakit sebesar 20%.

5. Ceri juga menolong meredakan nyeri otot selesai olahraga

Riset beda membuka kalau atlet lari jarak jauh yang minum juice ceri asam 2 kali satu hari sepanjang 8 hari alami rasa sakit yang lebih sedikit dibanding mereka yang meminum plasebo. Pada atlet angkat beban juga, mengkonsumsi ceri bisa kurangi rasa sakit serta menjaga stamina lebih lama.

Menjadikan tidur lebih nyenyak
Ceri memiliki kandungan melatonin yang menolong mengatur siklus tidur-bangun dalam otak manusia. Melatonin bisa memberi dampak menentramkan pada neuron otak serta system nerves hingga menolong meredakan insomnia serta sakit kepala. Melatonin sendiri sesungguhnya di produksi oleh kelenjar pineal pada badan.

Riset membuka kalau mengkonsumsi sari ceri asam bisa tingkatkan kandungan melatonin dan tingkatkan waktu serta efisiensi tidur.

6.Menolong menghindar stroke

University of Michigan Health Sistem lakukan riset pada hewan percobaan untuk ketahui dampak sari ceri asam pada regulasi lemak serta glukosa. Akhirnya, ceri asam tidak cuma sediakan faedah kesehatan kardiovaskular sebagaimana obat-obatan yang umum diresepkan dokter, tetapi juga kurangi resiko stroke. Tikus percobaan alami peningkatan keseimbangan serta koordinasi yang penting dan penurunan desakan darah.

7. Baik untuk diabetes
Kalori serta karbohidrat ceri termasuk juga rendah hingga dapat dikonsumsi pasien diabetes dalam jumlah lumrah. Ceri juga punya potensi tingkatkan produksi insulin sampai 50% berdasar pada riset dari Michingan State University. Insulin ini bertambah ketika dirangsang dengan antosianin dalam ceri. Produksi insulin malahan bertambah sampai nyaris 2 kali lipat ketika terserang paparan antosianin yang paling aktif.

Walau sekian, antosianin ini masih butuh diujikan pada hewan serta manusia sebelumnya dipakai dalam perawatan diabetes.

Written by 

Related posts