Search

6 Makanan yang Menyehatkan Tulang

AlikaNews.Com – Walau ada di lokasi tropis yang kaya cahaya matahari selama tahun, Indonesia nyatanya belum juga terlepas dari problem kekurangan vitamin D. Studi yang dikerjakan Soesanti F. dkk 2011 tunjukkan kalau 75, 9% anak-anak SD di Jakarta alami insufisiensi serta 15% defisiensi vitamin D. Sedangkan itu, 16, 7% alami hipokalsemia atau kandungan kalsium yang rendah dalam darah.

Walaupun, kalsium serta vitamin D begitu vital dalam kesehatan tulang. Kalsium berperan memperkuat tulang serta susunan gigi, sementara vitamin D menolong tingkatkan penyerapan kalsium serta perkembangan tulang. Kekurangan keduanya dapat mengakibatkan rickets (penyakit tulang metabolik) pada bayi serta anak-anak, osteopeni (penipisan tulang), osteoporosis, sampai malformasi tulang.

 

Di bawah ini yaitu sebagian makanan yang perlu untuk kemampuan tulang :

1. Susu

Susu adalah satu diantara sumber paling utama kalsium. Sekitaran 235 ml susu sapi murni memiliki kandungan 300 mg kalsium atau 30% keperluan harian orang dewasa. Susu juga memiliki kandungan protein serta nutrisi berguna yang lain. Sebagian susu sudah difortifikasi serta memperoleh penambahan vitamin D.

Bila cemas dengan kandungan lemak jenuhnya, Anda dapat pilih susu rendah lemak atau tanpa ada lemak yang masih tinggi juga akan kalsium.

2. Keju

Sebagai hasil olahan susu, keju banyak juga memiliki kandungan kalsium yang jumlahnya berlainan bergantung sistem koagulasinya. Keju yang dikentalkan dengan enzim umumnya mempunyai kalsium 2 x lebih tinggi dari pada yang dikentalkan dengan asam. Sekitaran 100 g keju cheddar mempunyai sekitaran 721 mg kalsium. Keju juga biasanya di beri penambahan vitamin D, tetapi jumlahnya tak pas untuk penuhi keperluan harian.

3. Yogurt

Sekitaran 1 cup yogurt murni tanpa ada lemak memiliki kandungan sekitaran 300 mg kalsium atau 30% dari kebutuhn harian Anda, sedangkan greek yogurt yang kaya protein mempunyai kalsium lebih rendah, yaitu 20% dari keperluan harian. Didalam yogurt ada protein lactoferrin yang baik untuk perkembangan serta kesibukan sel pembentuk tulang. Yogurt juga kaya zat baik yang lain. Tidak cuma itu, yogurt serta keju dapat jadi alternatif bila Anda mempunyai toleransi rendah pada laktosa serta tak dapat konsumsi susu.

4. Sarden

Ikan yang banyak tersaji berbentuk kalengan ini nyatanya kaya kalsium, yaitu sekitaran 30% keperluan harian untuk type ikan sarden dari Atlantik, serta 23% untuk sarden dari samudera Pasifik. Sarden juga banyak terkandung vitamin D, menjangkau lebih dari 40% keperluan harian baginya United States Department of Agriculture. Sarden juga mempunyai fosfor yang perlu untuk memperkuat matriks tulang, homosistein yang berkaitan dengan osteoporosis, serta vitamin B12 yang bisa mensupport kesehatan tulang.

5. Telur

Kandungan kalsium dalam telur tak sangat tinggi, cuma 5% dari keperluan harian. Tetapi, telur kaya vitamin D yang diperlukan untuk penyerapan kalsium. Bacalah juga : 10 Faedah Konsumsi Telur.

USA Office of Dietary Suplement menyebutkan kalau badan cuma dapat menyerap 30% kalsium yang ada pada makanan, serta apa yang Anda makan bersama sumber kalsium punya pengaruh pada tingkat penyerapan itu.

6. Salmon

makanan yang bagus untuk tulang kuat
Ikan salmon memiliki kandungan kalsium tinggi untuk kemampuan tulang. cattalin/pixabay
Sama sebagaimana sarden, salmon kalengan dengan tulang lunak banyak terkandung kalsium serta magnesium. Ditambah sekali lagi, sekitaran 100 g salmon mempunyai lebih dari 100% keperluan vitamin D harian. Salmon juga kaya asam lemak omega-3 yang bisa menolong menghindar pengeroposan tulang pada wanita serta menghindar osteoporosis.

Written by 

Related posts