Search

8 Makanan untuk Kekuatan dan Kecerdasan Otak

AlikaNews.Com – Lainnya hindari stres serta pas beristirahat, otak membutuhkan konsumsi nutrisi yang pas dari makanan yang Anda mengkonsumsi keseharian. Nutrisi ini menolong tingkatkan kemampuan otak serta hindari serangan beragam penyakit. Di bawah ini yaitu daftar makanan yang bisa tingkatkan kemampuan otak :

1. Gandum murni
Sama sebagaimana badan, otak membutuhkan daya yang pas supaya bisa bekerja dengan maksimal. Daya ini dialirkan oleh darah ke otak berbentuk glukosa yang didapat dari karbohidrat. Supaya konsumsi daya tetaplah terbangun selama seharian, tentukan sumber karbohidrat kompleks yang lebih lambat diolah oleh badan. Salah satunya sebagaimana roti dari gandum utuh, oatmeal, serta beras merah. Gandum utuh juga mempunyai indeks glikemik rendah hingga kandungan glukosa Anda lebih termonitor.

Perlunya daya untuk tingkatkan kemampuan otak ini dibuktikan oleh sebagian riset. Satu diantaranya riset dari Cueto serta Chinen, yang tunjukkan kalau anak-anak sekolah yang tak melupakan sarapan dapat mencapai nilai yang lebih tinggi dalam kerjakan tes memori serta penyelesaian problem.

2. Ikan kaya omega-3
Asam lemak omega-3, khususnya EPA serta DHA, di ketahui begitu perlu untuk perubahan otak pada janin. Satu diantara studi malahan tunjukkan bila ibu hamil yang konsumsi omega-3 di trisemester ke-3 kehamilannya berpeluang melahirkan bayi dengan kecerdasan kognitif lebih tinggi. Beberapa peneliti memiliki pendapat kalau DHA dibutuhkan dalam step ini untuk membuat neuoron pada otak.

DHA juga dipercaya dapat melindungi kesehatan serta kemampuan otak pada seorang dewasa. Riset dari Tufts University membuka kalau mereka yang konsumsi ikan 3 kali satu minggu serta mempunyai DHA dalam kandungan lebih tinggi di darahnya alami penurunan resiko terserang alzheimer sampai 39%.

Sayangnya, asam lemak esensial ini tak bisa di produksi sendiri oleh badan serta mesti diperoleh dari makanan. Sumber omega-3 yang baik umpamanya ikan-ikan laut yang memiliki kandungan lemak tidak jemu sebagaimana ikan kembung, salmon, tuna, sarden, makarel, herring, serta teri.

3. Blueberry
Riset dari Reading University, Inggris, membuka kalau anti-oksidan pada blueberry menolong merangsang aliran darah serta oksigen ke otak hingga tetaplah fresh serta konsentrasinya terbangun. Beberapa relawan yang tak konsumsi juice blueberry sebelumnya kerjakan tes atensi malahan alami penurunan penampilannya sejumlah 15 sampai 20% selepas lima jam dibanding mereka yang meminumnya.

Sedangkan itu, riset dari Tufts University tunjukkan kalau mengkonsumsi blueberry bisa tingkatkan daya ingat serta menghindar kehilangan ingatan periode pendek. Riset beda membuka kalau blueberry menolong tingkatkan memori spasial pada tikus percobaan, sementara antioksidannya kurangi peradangan yang bisa mengakibatkan masalah pada ingatan periode panjang.

4. Tomat
Karotenoid, zat pemberi warna merah pada tomat, disinyalir bisa tingkatkan peranan kognitif serta ingatan periode panjang. Karotenoid yang paling menonjol yaitu likopen yang banyak diketemukan pada kulit tomat. Satu diantara zat yang termasuk juga anti-oksidan ini bisa membuat perlindungan sel dari rusaknya karena radikal bebas yang mengakibatkan demensia serta alzheimer.

Riset dari Finlandia yang dimuat di jurnal “Neurology” juga membuka bila likopen menolong membuat perlindungan otak dari serangan stroke. Lelaki dengan kandungan likopen lebih tinggi pada darahnya mempunyai peluang terserang stroke 55% lebih rendah dari mereka yang kandungan likopennya lebih rendah.

5. Vitamin B
Vitamin B6, B12, serta asam folat (B9) di ketahui bisa turunkan kandungan homosistein dalam darah. Tingginya kandungan homosistein terkait dengan meningkatnya resiko stroke, penurunan kekuatan kognitif, serta alzheimer. Riset yang dikerjakan pada sekumpulan pasien berumur imbuh tunjukkan ada perbaikan ingatan selepas konsumsi vitamin B6, B12, serta asam folat dosis tinggi sepanjang 2 tahun. Rusaknya sel otak yang dihadapi mereka juga lebih rendah dibanding dengan mereka yang memperoleh perawatan placebo atau penyembuhan semu.

Sumber makanan yang kaya vitamin B6 umpamanya gandum utuh, pisang, kacang-kacangan, atau daging. Asam folat bisa didapat dari bayam, alpukat, asparagus, serta kembang kol. Sementara vitamin B12 dapat diperoleh dari product hewani sebagaimana ikan, daging, susu, serta telur.

6. Blackcurrant
Riset di Selandia Anyar tunjukkan kalau blackcurrant menolong tingkatkan konsentrasi serta kurangi kelelahan mental. Sejumlah 35 relawan disuruh merampungkan tes sepanjang 70 menit yang berniat didesain untuk menjadikan otak capek. Akhirnya, mereka yang meminum ekstrak blackcurrant bisa kerjakan masalah dengan lebih akurat tanpa ada perlambatan, terasa semakin dapat berkonsentrasi, serta tak sangat capek hika dibanding mereka yang cuma memperoleh perlakuan placebo.

Riset beda tunjukkan kalau blackcurrant menolong mencegah rusaknya sel otak yang mengakibatkan alzheimer. Belum juga di ketahui aspek tentu yang mengakibatkan hal semacam ini, tetapi peneliti yakini kandungan antosianin yang ada pada blackcurrant menolong melawan desakan oksidatif yang mengakibatkan kerusakan sel otak.

7. Bayam
Riset meperlihatkan kalau kekurangan zat besi pada tingkat rendah bisa memengaruhi kekuatan belajar, mengingat, serta memerhatikan. Memenuhi kandungan zat besi bisa kembalikan kekuatan otak. Zat besi ini bisa didapat dari sayuran berdaun gelap sebagaimana bayam, kale, kacang panjang, dan kedelai. Bayam juga memiliki kandungan asam folat yang berguna untuk kesehatan otak.

8. Brokoli
Brokoli kaya vitamin K yang bisa tingkatkan peranan kognitif otak. Vitamin K begitu punya pengaruh pada kekuatan seorang untuk menyerap serta mengingat instruksi verbal. Brokoli juga memiliki kandungan anti-oksidan tinggi yang bisa membuat perlindungan sel otak dari rusaknya.

Brokoli juga memiliki kandungan kolin yang perlu dalam pembentukan beberapa sel anyar pada otak. Satu diantara studi membuka bila mengkonsumsi kolin ketika kehamilan bisa menolong anak tingkatkan peranan kognitif, tingkatkan kekuatan belajar serta daya ingat, dan menghindar penurunan ingatan berkaitan umur.

Written by 

Related posts