Search

Perbedaan Tumor dan Kanker

AlikaNews.Com – Tumor vs Kanker
Tumor serta kanker adalah dua hal yang berlainan. Tumor yaitu lesi (neoplasma) atau pembengkakan yang dikarenakan oleh inflamasi maupun perkembangan sel badan yang tak normal. Pembengkakan yang disebut dapat berbentuk tonjolan padat atau keras pada badan.

Dalam pertumbuhannya, tumor bisa dibagi jadi dua, yakni : tumor jinak (benign tumor) serta tumor ganas (malignant tumor). Tumor ganas berikut yang umum di kenal dengan kanker, yakni saat perkembangan sel abnormal jadi tak teratasi serta selalu menebar pada badan.

Tak semuanya tumor berbentuk kanker
Perlu untuk kita untuk mengetaui kalau tak semuanya tumor berbentuk kanker atau ganas. Ada type tumor yang jinak (benign) yang pertumbuhannya terbatas cuma di bagian badan spesifik. Satu tumor jadi kanker saat pertumbuhannya mengganas serta tidak teratasi. Ini bermakna perkembangan abnormal primer dapat melahirkan sebagian perkembangan abnormal sekunder yang menginvasi bebrapa sisi vital yang lain pada badan serta menebar kemana saja.

Demikian halnya perihal dengan kanker, yang tak senantiasa dengan diawali perkembangan tumor. Umpamanya saja kanker darah, di mana tidak ada tumor yang ikut serta terlebih dulu.

Perlakuan tumor serta kanker
Penyembuhan serta perlakuan pada tumor serta kanker juga berlainan. Tumor jinak umumnya tak meneror nyawa serta bisa sembuh dengan mengangkat sel tumor itu. Sementara untuk kanker atau tumor ganas, pilihan perlakuannya diantaranya :

– operasi (pengangkatan beberapa sel kanker),
– kemoterapi (pemakaian bahan kimia untuk membunuh beberapa sel kanker), dan
– therapy radiasi/radioterapi (pemakaian radiasi tambah energi tinggi untuk mengecilkan tumor serta membunuh beberapa sel kanker lewat cara mengakibatkan kerusakan DNA-nya).
Oleh karenanya, pada ketika pertama kalinya di ketahui kehadiran tumor, begitu perlu untuk di ketahui apakah pertumbuhannya berbentuk jinak (benign) atau ganas (malignant) dengan kata lain kanker.

Written by 

Related posts