Search

5 Tips Mengatasi Tidur Mendengkur

AlikaNews.Com – Tidur mendengkur adalah problem yang begitu umum. Meskipun beberapa besar orang menilai kalau mendengkur tidaklah problem kesehatan yang serius, tetapi yang tentu mendengkur pas mengganggu–tidur–anda serta menjadikan orang di dekat anda terasa tak nyaman.

Lainnya itu, mendengkur juga dikaitkan dengan sleep apnea–gangguan tidur serius berbentuk aliran napas yang berhenti sepanjang sebagian waktu– dan juga akan mengganggu kualitas tidur anda.

Untungnya, ada cara-cara yang dapat dikerjakan untuk menangani serta hentikan tidur mendengkur.

Panduan Menangani Tidur Mendengkur
Untuk menangani problem tidur yang satu ini, langkah awal yang dianjurkan yaitu dengan ketahui apa yang mengakibatkan anda mendengkur. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengevaluasi type serta penyebabnya dengkuran anda saat tidur.

Biasanya, tidur mendengkur bisa diatasi dengan perubahan pola hidup, sebagaimana olahraga, hindari alkohol, turunkan berat tubuh (bila anda overweight), berhenti merokok, serta mengubah rutinitas tidur anda sebagaimana alur saat tidur atau tempat tidur.

Bila penyebabnya dengkuran anda yaitu penyumbatan saluran pernafasan, mungkin saja anda memerlukan alat bantu sebagaimana nasal dilator, dekongestan, maupun nasal spray untuk mengatasinya. Lainnya itu ada pula alat pernafasan oral/mulut, yang mendorong lidah serta rahang ke depan supaya aliran udara pernafasan jadi lancar.

Tetapi demikian, anda dapat mengaplikasikan sebagian panduan tersebut untuk menolong anda menangani tidur mendengkur :

1. Turunkan Berat Tubuh
Berat tubuh yang berlebihan juga akan mengakibatkan jaringan tenggorokan jadi membesar/melebar. Situasi itu berperan dalam penyumbatan aliran udara saat anda tidur. Dengan turunkan berat tubuh, anda bisa kurangi jaringan lemak di tenggorokan hingga juga akan menghindar atau hentikan tidur mendengkur.

2. Olahraga
Olahraga dengan teratur, lainnya menolong untuk turunkan berat tubuh, akan melatih serta mengencangkan otot-otot di tenggorokan, hingga bisa menghindar tidur mendengkur anda.

3. Tidur Menyamping
Coba tidur dengan tempat miring atau menyamping, bukannya terlentang. Tempat tidur terlentang dapat mengakibatkan lidah serta jaringan lunak beda dalam mulut menghimpit serta menghalangi saluran udara pernafasan. Hal itu dapat mengakibatkan nada mendengkur saat anda tidur.

4. Meninggikan Tempat Kepala
Atur tempat kepala anda saat tidur supaya lebih tinggi sekitaran 5 inci dari tempat tidur. Saat tempat kepala lebih tinggi, rahang sisi bawah anda semakin lebih santai serta lidah semakin lebih kedepan, hingga tak mengganggu aliran pernafasan saat tidur.

5. Hindari Rokok serta Alkohol
Merokok bisa mengakibatkan saluran pernafasan anda terhalang karna lendir yang berlebihan atau pembengkakan pada jaringan tenggorokan. Begitu halnya minuman mengandung alkohol, yang bisa menjadikan otot-otot di sekitaran tenggorokan jadi lemas/santai, yang dapat juga mengakibatkan andan mendengkur.

Written by 

Related posts