Search

Cara Menggunakan Nebulizer Asma

AlikaNews.Com – Nebulizer adalah alat yang juga akan merubah obat-obatan asma dari bentuk cairan (liquid) jadi aerosol, hingga bisa dengan gampang dihirup kedalam paru-paru, sebagaimana perihal bernapas umum. Nebulizer umumnya pas efisien dipakai untuk balita serta anak kecil, atau untuk pasien asma yang kesusahan memakai inhaler.

Banyak type obat-obatan asma yang dapat dipakai dengan nebulizer, baik itu untuk hadapi serangan asma maupun untuk mengontrol beberapa gejala asma. Type nebulizer ada yang berbentuk jenis rumahan/tabletop serta ada juga yang berbentuk portable (memakai baterai), hingga lebih gampang untuk dibawa.

Biasanya pasien asma tak memerlukan nebulizer. Cara beda yang lebih umum yaitu dengan memakai inhaler, dengan cara kerja yang lebih kurang sama juga dengan nebulizer tetapi lebih gampang untuk dipakai.

Bagaimana Langkah Memakai Nebulizer?
Untuk memakai nebulizer, anda mesti mempersipkan :

– Obat asma yang didapatkan oleh dokter dengan dosis yang jelas
– Nebulizer cup (cangkir tempat anda memasukkan obat)
– Masker atau corong mulut
– Kompresor udara

Tersebut disini beberapa langkah basic untuk mempersipkan serta memakai nebulizer :

1. Bersihkan tangan anda sebelumnya memakai nebulizer
2. Isi nebulizer cup dengan obat yang sudah diresepkan oleh dokter
3. Sambungkan corong atau masker ke nebulizer cup
4. Sambungkan selang dari kompresor ke nebulizer cup
5. Tempatkan corong atau masker ke mulut, lalu bernapaslah dengan mulut (bila memakai corong) sampai obat dalam nebulizer cup habis. Umumnya obat dalam cup juga akan habis selepas 5-10 menit.
6. Selepas obat habis, bersihkan nebulizer cup serta corong atau masker dengan air, lalu keringkan untuk dipakai pada penyembuhan selanjutnya.

Panduan :
1. Sebelumnya hirup obat, tempatkan duduk dengan dengan tegak di kursi yang pas nyaman.
2. Bernapaslah dengan perlahan serta dalam. Bila dapat, beri jeda (menahan napas) 2-3 detik sebelumnya hembuskan napas.
3. Sepanjang sistem dimainkan, bila obat melekat pada bagian nebulizer cup, anda dapat sedikit mengguncang perlahan (memakai jari) cup supaya obat (cairan) mengalir turun.

Anak kecil umumnya semakin lebih nyaman bila memakai masker dari pada corong. Memakai masker menjadikan pasien bisa bernapas dengan normal lewat hidung maupun mulut.

Written by 

Related posts