Search

Pada Usia Berapa Wanita Mengalami Menopause?

AlikaNews.Com – Menopause yaitu satu keadaan normal yang juga akan dihadapi oleh semuanya wanita searah dengan menambahnya umur, serta tidaklah satu penyakit atau masalah medis. Menopause didefinisikan sebagai situasi tak ada periode menstruasi sepanjang 12 bulan.

Dalam ujar beda, menopause adalah masa sebentar sebelumnya berhentinya periode menstruasi sampai sebentar selepas periode menstruasi selesai. Tetapi pada umumnya menopause bisa disebutkan sebagai selesainya siklus menstruasi pada wanita.

Perimenopause yaitu arti yang terkadang dipakai serta bermakna “waktu sekitaran menopause. ” Hal semacam ini kerap dipakai untuk mengacu pada saat transisi menopause. Hal semacam ini tidaklah arti medis dengan resmi, namun terkadang dipakai untuk menerangkan beberapa segi spesifik dari transisi menopause dalam arti pemula. Sedetailnya, baca : Perimenopause.

Pascamenopause yaitu arti yang dipakai sebagai ujar sifat untuk mengacu ke saat selepas menopause sudah berlangsung. Sebagai contoh, dokter mungkin saja bicara mengenai keadaan yang berlangsung pada “wanita pascamenopause. ” Hal semacam ini merujuk pada wanita yang sudah menjangkau menopause.

Apa yang berlangsung saat Menopause?

Menopause yaitu saat dalam kehidupan seseorang wanita saat peranan ovarium berhenti. Ovarium (gonad atau indung telur), yaitu satu diantara sepasang kelenjar reproduksi pada wanita. Ovarium terdapat di panggul, di tiap-tiap bagian rahim. Ovarium hasilkan telur (ovum) serta hormon kewanitaan sebagaimana estrogen serta progesterone. Tiap-tiap siklus menstruasi bulanan, telur dilepaskan dari satu diantara ovarium. Sel telur lalu bertransportasi dari ovarium ke uterus lewat tuba fallopi.

Menopause berlangsung saat ovarium tak sekali lagi melepas telur tiap-tiap bulan serta menstruasi berhenti.

Ovarium adalah sumber paling utama dari hormon-hormon kewanitaan, yang mengontrol perubahan karakter badan wanita sebagaimana payudara, bentuk badan, serta rambut. Hormon-hormon ini mengatur siklus menstruasi serta kehamilan.

Estrogen juga berperan membuat perlindungan tulang. Oleh karenanya, seseorang wanita bisa alami osteoporosis (pengeroposan tulang) di masa datang saat ovarium tak sekali lagi hasilkan hormon estrogen yang ideal.

Pada umur berapakah seseorang wanita alami Menopause?

Rata-rata umur menopause yaitu 51 tahun. Juga akan namun tak ada langkah untuk memperkirakan kapan persisnya seseorang wanita juga akan masuk masa menopause atau mulai alami tanda sugestif menopause. Umur saat seseorang wanita mulai alami periode menstruasi juga tak terkait dengan umur terjadinya menopause.

Umumnya wanita menjangkau menopause pada umur 45 serta 55, namun menopause bisa berlangsung lebih awal pada umur 30-an atau 40-an atau mungkin saja tak berlangsung hingga seseorang wanita menjangkau 60-an.

Written by 

Related posts