Search

5 Tips Mencegah Serangan Asma

AlikaNews.Com – Asma adalah penyakit yang kompleks, yang disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan linkungan. Selain kerena genetik, sangat banyak resiko yang ada di lingkungan sekitar yang dapat menyebabkan berkembangnya asma pada anak-anak. Oleh karena itu, mencegah asma hampir dapat dikatakan sebagai hal mustahil.

Mencegah serangan asma
Pencegahan asma lebih fokus kepada mencegah agar serangan asma tidak datang kembali dan mencegah memburuknya kondisi asma pada penderitanya.

1. Menghindari Pemicu Asma
Biasanya serangan asma datang setelah penderitanya menghirup sesuatu yang menjadi ‘pemicu’ atau zat-zat alergen yang berada di lingkungan. Pemicu asma akan menyebabkan saluran pernapasan meradang, menyempit dan menimbulkan mengi (bersuara saat bernapas).

Pemicu asma akan berbeda-beda bagi setiap orang. Oleh karena itu, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mengidentifikasi pemicu asma dan sedapat mungkin menghindarinya.

2. Sistem Penyaring Udara
Penyaring udara (air filter) dapat membantu untuk menyingkirkan berbagai pemicu asma seperti debu-debu kecil, serbuk sari, jamur, serta zat-zat alergen lainnya. Sistem penyaring udara sebaiknya terdapat di rumah penderita asma. Teknologi penyaring udara saat ini bahkan dapat menyingkirkan 99% zat polutan dari udara sekitar.

3. Pelembab udara (Humidifier)
Humidifier adalah alat untuk meningkatkan kelembaban dengan menyemprotkan uap air ke udara. Alat ini hampir mirip seperti AC. Bagi penderita asma, alat ini dapat membantu meringankan gejala-gejala asma yang mungkin muncul.

4. Immunotherapy
Terapi ini adalah berupa injeksi zat alergen kepada penderita asma. Terapi ini ditujukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap alergen. Tujuannya adalah untuk mengurangi sensitivitas penderita asma terhadap pemicu asma. Dokter mungkin akan menyarankan menggunakan terapi ini jika penderita sangat mudah terkena gejala/serangan asma di lingkungan sehari-hari.

5. Obat-obatan Pencegah Asma
Kenali obat-obatan yang digunakan untuk menghadapi serangan asma. Obat-obatan ini mampu mengurangi parahnya gejala asma saat serangan asma datang. Selain itu, obat-obatan ini juga dapat digunakan untuk mencegah datangnya serangan asma.

Obat-obatan untuk asma umumnya berupa inhaler (obat hirup), walaupun ada juga yang dikonsumsi langsung melalui mulut.

Written by 

Related posts