Search

5 Cara Cerdas Agar Anak Mau Makan Sayur

AlikaNews.Com – Untuk menjadikan anak makan sayur dengan berhasil, orangtua mesti mengaplikasikan taktik cerdas serta efisien. Beberapa cara tak langsung berikut ini juga akan menolong Anda menjadikan anak yang anti sayur memperoleh pas gizi berbahan makanan berdaun hijau dan buah-buahan. Kuncinya yaitu bersabar dalam melakukan trial and error, serta berdoa agar anak Anda selanjutnya bersahabat dengan si hijau di piringnya.

1. Hidangkan sayuran dengan menarik
Warna-warni dari sayuran sesungguhnya dapat jadi senjata Anda. Tetapi, potongan brokoli atau wortel yang besar serta pas keras untuk gigi serta rahang anak pastinya juga akan menghancurkan selera makan mereka. Potong sayuran jadi potongan-potongan kecil dengan bentuk yang menarik serta masak sampai pas lunak serta tak pahit untuk indra perasa anak.

Buat anak tertarik dengan olahan sayur bermacam warna image :

Bila anak Anda belum juga dapat menoleransi sayuran berbumbu berat (umpamanya yang bersantan), hidangkan sebagian pilihan sayuran rebus dengan bentuk yang ia sukai. Bila ia menggunakan wortelnya namun tak menyentuh kacangnya, syukurlah serta fikirkan kembali langkah beda untuk menghidangkan kacang-kacangan.
Janganlah menyerah, karna terdapat beberapa langkah untuk tawarkan sayur pada anak Anda.

2.  Olah sayuran jadi camilan
Bila anak Anda cuma mengigit sedikit sayurnya ketika makan siang, yakinkan makanan selingannya pas bergizi. Untuk makanan ringan, buat sendiri kue-kue enteng memiliki bahan sehat dengan sedikit gula. Pangganglah biskuit dengan perasa kayu manis serta serpihan kacang, buat roti lapis dengan selada serta pisang, serta masaklah pancake dengan kombinasi apel serta daun mint.

Dari pada donat berbalut gula halus, buat bolu sayuran atau banana bread, atau ganti pisang dengan bahan sehat yang lain sebagaimana wortel atau bayam. Anda dapat juga merubah sayur serta buah-buahan jadi juice, smoothies, maupun puding sehat. Ingat-ingatlah kalau masakan sayur tidaklah hanya satu langkah untuk membuat bahan makanan sehat itu.

3.  Samarkan sayuran
Kadangkala, anak juga akan pilih nugget dari pada kembang kol di piringnya cuma karna tahu kalau yang berwarna hijau yaitu sayur yang sangat terpaksa ia makan. Ganti penampakan sayur serta samarkan jadi makanan yang juga akan anak capai dengan suka-rela.

Buat nugget sendiri serta campur bayam ke dalamnya, atau buat burger dengan menukar daging dengan jamur tumbuk. Masak sayur jadi sup lezat, serta bila juice buah serta sayur masih kurang menarik untuk anak Anda, bekukan di freezer serta hidangkan berbentuk es cream. Anda malahan dapat pelajari trick dari langkah masak vegetarian untuk menjadikan sayur terlihat serta merasa lebih menarik untuk anak.

4.  Berikan penambah rasa
Yang ditujukan disini tidaklah MSG maupun sirup manis, namun penambah rasa sebagaimana selai, salad dressing, atau gula merah. Kadangkala, sayuran spesifik sangat pahit untuk indra perasa anak, khususnya bila anak Anda mempunyai indra perasa yang peka. Ada pula anak yang tak ingin menyentuh sayur karna rasa-rasanya hambar.

Anda dapat mensiasatinya dengan menghidangkan sebagian pilihan sayuran rebus dengan salad dressing, selai atau saos tomat, serta mencelupkan buah-buahan kedalam yogurt atau madu.

Bila mesti memakai sirup, buat sendiri dari buah-buahan tanpa ada pemanis buatan. Bersamaan menambahnya umur, anak Anda tak juga akan memerlukan penambah rasa sekali lagi karna lidahnya juga akan punya kebiasaan menoleransi rasa hambar atau pahit dari sayur.

5.  Perkenalkan makanan yang kurang sehat
Walaupun nampaknya tak masuk akal, dengan mengenalkan makanan yang kurang sehat dirumah, Anda sesungguhnya menghindar anak untuk tak “jatuh cinta” pada makanan tersebut di luar tempat tinggal. Bila Anda melarang anak makan hamburger serta kentang goreng, maupun coklat serta permen kapas, makanan ini jadi juga akan terlihat mengundang selera untuk mereka.

Makin dilarang, anak juga akan makin mendambakannya, khususnya bila makanan kurang sehat tersebut yang banyak diketemukan diluar tempat tinggal. Mengakibatkan, sayuran serta buah-buahan dirumah tak sekali lagi disentuh oleh anak. Kadang-kadang, bawalah anak Anda untuk keluar makan di restoran cepat saji, serta aplikasikan rutinitas di mana makanan kurang sehat itu bisa dikonsumsi cuma di bebrapa waktu spesifik.

Written by 

Related posts