Search

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

AlikaNews.Com

Dr Faten Al Taher, Senior Consultant, Obstetrics/Gynaecology di Women’s Hospital berujar wanita hamil yang rela untuk berpuasa mesti didampingi dokter selama bulan untuk meyakinkan puasa tak memengaruhi keadaan janin yang dikandungnya. Begitu halnya ibu menyusui.

Puasa untuk ibu hamil

Di bawah ini sebagian panduan yang perlu dipatuhi oleh ibu hamil supaya tetaplah dapat menggerakkan beribadah puasa tanpa ada memengaruhi kesehatan si bayi :

1. Sangat perlu untuk wanita hamil untuk berkomunikasi dengan dokter sebelumnya mereka mengambil keputusan untuk berpuasa. Bila dokter menyebutkan kalau kandungannya kuat jadi Anda dapat menjalankannya, tetapi jika dokter tak merekomendasikan karna keadaan kandungan yang tak stabil jadi beberapa ibu tak disuruh untuk memaksakan diri untuk berpuasa. Karna kesehatan serta kesejahteraan janin yaitu yang paling utama.

2. Pastikan untuk kerap beristirahat serta memperoleh nutrisi serta kalori yang pas sepanjang berpuasa.

3. Cuaca yang panas serta rentang saat yang pas lama begitu berisiko mengakibatkan dehidrasi pada ibu hamil karna konsumsi cairan yang rendah hingga ini dapat menginduksi persalinan prematur serta mengakibatkan kelahiran prematur. Oleh karenanya mereka harus juga meyakinkan untuk konsumsi 3 liter air pada ketika sahur serta berbuka.

4. Hindari beberapa makanan manis sebagaimana permen, sirup, camilan bergula serta beda sebagainya pada ketika berbuka puasa.

5. Wanita hamil dengan komplikasi kehamilan sebagaimana diabetes, desakan darah tinggi serta anemia tak dianjurkan untuk menggerakkan puasa hal semacam ini mempunyai tujuan membuat perlindungan sang ibu dan bayi mereka. Lainnya itu juga dalam rencana hindari komplikasi lebih imbuh dari penyakit yang dideritanya.

Panduan puasa untuk ibu menyusui

Banyak wanita bingung saat datang bulan Ramadhan sedangkan mereka tengah dalam keadaan menyusui buah hatinya. Haruskah mereka berpuasa atau tak? bila Anda muslim jadi baginya hukum Islam seseorang ibu menyusui tak diharuskan berpuasa namun harus ditukar di masa datang.

Dr Amal Abu Bakr Arbab, Lead Baby-Friendly Hospital Initiative Programme berujar wanita yang mempunyai bayi umur 0-6 bula disarankan untuk menyusui bayi mereka dengan ASI tanpa ada lengkapi dengan air serta makanan yang lain, hingga mereka peluang tak dapat berpuasa.

Hal semacam ini karna ketika ibu bayi berpuasa jadi juga akan berlangsung perubahan komposisi dalam produksi ASI hingga jumlah ASI menyusut.

Kandungan lemak dalam ASI tak beralih saat Anda cuma berpuasa satu hari tetapi tak dapat disamakan bila Anda berpuasa untuk waktu yang lebih lama. Nutrisi yang tak mencukupi sepanjang puasa bisa mengakibatkan kekurangan gizi yang lain dalam ASI.

Ibu menyusui yang menginginkan berpuasa disuruh untuk mempertimbangkannya sekali lagi karna mereka harus juga menganggap kesehatan mereka pada umumnya dengan mengkonsultasikannya pada dokter. Maksudnya yaitu untuk hindari komplikasi yang bisa membahayakan mereka serta bayi mereka.

Lainnya itu, puasa bisa mengakibatkan kelelahan dan dehidrasi khususnya karna cuaca panas serta rentang saat yang pas lama. Hal itu juga memengaruhi kekuatan wanita dalam menyusui dengan efisien.

Walaupun demikian, ketentuan Anda bisa dipandu berdasar pada umur bayi Anda. Bayi umur 0-6 bulan memanglah diharuskan memperoleh ASI eksklusif dari ibunya tetapi berlainan dengan bayi yang telah berumur di atas 1 tahun yang telah dapat menelan makanan penambahan serta cuma menyusui di saat malam hari. Anda dapat juga mendiskusikannya dengan keluarga, rekan atau dokter spesialis.

Bila umur bayi telah sangat mungkin Anda untuk berpuasa jadi di bawah ini adalah panduan untuk memudahkan puasa Anda :

1. Diet menyusui
Yakinkan Anda memperoleh lakukan diet menyusui saat Anda makan. Bila Anda tak konsumsi sebagian makanan spesifik terkait dengan diet Anda sebagaimana daging jadi Anda dapat menggantinya dengan suplemen.

2. Perbanyak minum
Menyusui bisa menjadikan Anda haus, jadi yakinkan Anda memperoleh pas cairan, hal semacam ini perlu khususnya sepanjang musim panas untuk hindari dehidrasi. Karna Anda tak dapat minum ketika berpuasa jadi yakinkan Anda minum dengan pas sebelumnya sahur serta setelah berbuka.

3. Menunda pekerjaan rumah tangga yang berat
Tundalah pekerjaan-pekerjaan berat yang mengambil alih banyak daya sebagaimana membersihkan sepanjang berpuasa. Anda dapat mengerjakannya selepas berbuka.

4. Perbanyak istirahat
Menyusui dapat menjadikan capek, bila Anda tengah berpuasa lelahnya dapat jadi 2 x lipat. Oleh karenanya, bila sangat mungkin memperbanyak saat istirahat untuk tetaplah melindungi daya Anda supaya tak drop.

5. Selalu cermati keadaan bayi Anda
Anda mesti senantiasa pasangan mata pada keadaan bayi Anda sepanjang Anda berpuasa. Bila mulai tampak beberapa gejala sebagaimana kotoran bayi yang berwarna kehijauan atau penurunan berat tubuh yakinkan untuk selekasnya mengkonsultasikannya pada dokter.

Written by 

Related posts