Search

3 Makanan Penambah Sel Darah Merah

AlikaNews.Com – Disarankan kalau lelaki dewasa serta wanita pasca-menopause mesti konsumsi paling tidak 8 mg zat besi sehari-hari, sedangkan wanita umur menstruasi memerlukan semakin banyak konsumsi besi, sekitaran 18 mg /hari. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C sebagaimana buah jeruk bisa menolong tingkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang anda mengkonsumsi. Wajarnya, wanita memerlukan paling tidak 75 mg serta lelaki 90 mg vitamin C sehari-hari.

Bila anda alami anemia, sebagian type makanan tersebut bisa menolong badan anda tingkatkan produksi sel darah merah badan anda.

1. Makanan kaya zat besi

kurang sel darah merahTubuh memakai zat besi untuk menjadikan hemoglobin. Hemoglobin menolong membawa serta menaruh oksigen pada badan. Konsumsi makanan yang kaya zat besi bisa menghindar anemia serta meyakinkan beberapa sel badan memperoleh supply oksigen yang pas. Sumber zat besi dari makanan diantaranya daging merah, daging organ sebagaimana ginjal serta hati, kacang-kacangan –termasuk kacang lentil, – sayuran berdaun hijau, sebagaimana bayam serta kangkung, plum kering, kismis kering serta kuning telur.

2. Makanan kaya vitamin B-12

Vitamin B-12 yaitu vitamin B-kompleks yang perlu untuk sintesis DNA serta produksi sel darah merah di sumsum tulang. Rendahnya tingkat B-12 mengakibatkan pemisahan sel yang abnormal dalam sumsum tulang hingga juga akan hasilkan sel darah merah yang belum juga masak, yang di kenal dengan arti megaloblasts. Pasien dengan megaloblasts mengalami anemia megaloblastik karna beberapa sel darah merah yang abnormal tak bisa menaruh atau mengangkut oksigen ke sel badan.

Sumber-sumber alami Vitamin B-12 dari makanan bisa diketemukan dalam beragam type makanan hewani serta product makanan olahan yang diperkaya juga akan vitamin B-12, sebagaimana hati sapi, ikan, daging merah, telur, susu, product susu, sereal serta ragi gizi. Anda juga dianjurkan untuk mengecek label product makanan untuk mengecek kehadiran vitamin B-12 yang dikandung dalam semasing product.

3. Makanan kaya asam folat

Asam folat (folic acid), dikenal juga sebagai vitamin B9, adalah vitamin B kompleks yang menolong badan anda menghasilkan beberapa sel darah merah anyar yang sehat. Seorang dengan kandungan asam folat yang rendah begitu rawan alami anemia. Bila demikian, anda bisa tingkatkan beberapa sel darah merah pada badan dengan konsumsi makanan yang kaya asam folat. Contoh makanan dengan tinggi asam folat tinggi salah satunya yaitu roti serta sereal (olahan) yang diperkaya, sayuran berdaun hijau, sebagaimana kangkung serta bayam, kacang kering, kacang polong serta kacang-kacangan.

Written by 

Related posts