Search

6 Tips Agar Tetap Energik Selama Bulan Puasa

AlikaNews.Com – Saat berpuasa, keperluan daya juga akan begitu tergantung pada gula atau glukosa dari makanan yang Anda mengkonsumsi ketika sahur. Tetapi, makanan itu cuma bisa sediakan daya untuk sebagian jam saja serta badan juga akan begitu tergantung pada glukosa yang tersimpan (glikogen) serta lemak.

Lalu, selepas berpuasa selama seharian, makanan yang Anda makan ketika buka puasa juga akan memberi kalori serta nutrisi pada beberapa sel badan yang lalu dirubah jadi daya serta vitalitas.

Untuk melindungi badan tetaplah fresh serta tambah energi sepanjang berpuasa, kerjakan beberapa tips di bawah ini supaya puasa tetaplah lancar serta produktivitas tetaplah jalan selalu :

1. Minum air yang cukup

Hal yang paling perlu ketika berpuasa, terlebih pada ketika cuaca panas sebagaimana kini ini yaitu melindungi badan tetaplah terhidrasi serta terisi.

Yakinkan Anda konsumsi cairan serta air yang pas pada saat buka puasa serta sahur karna air putih bisa bersihkan badan dari toksin serta menghindar sakit kepala (khususnya ketika Anda menahan minum dan makan selama seharian).

panduan bugar energik sepanjang puasa
Cukupi konsumsi harian air putih Anda sepanjang Bulan Puasa Ramadhan.
Dan, janganlah sangat banyak minum teh terutama pada ketika sahur karna malah bisa tingkatkan banyak cairan yang hilang ketika buang air kecil. Lainnya dengan minum air putih, Anda dapat juga konsumsi suplemen gizi yang bisa memberi Anda konsumsi protein, lemak sehat, serta nutrisi.

2.  Konsumsi makanan yang menghidrasi (memiliki kandungan air)

Menggerakkan beribadah puasa pada ketika cuaca panas ditambah dengan kesibukan serta pekerjaan keseharian, pastinya bisa mengakibatkan badan kekurangan daya serta memerlukan nutrisi yang pas dari makanan yang dikonsumsi.

Jaga supaya badan Anda tetaplah terhidrasi dengan konsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak air di ketika sahur sebagaimana semangka, mentimun, buah-buahan citrus, serta tomat bisa menghindar badan alami dehidrasi di ketika cuaca terik.

Makanan beda yang baik dalam menghidrasi badan diantaranya nanas, buah berry, bayam, serta selada.

3.  Konsumsi karbohidrat kompleks

Untuk memperoleh daya yang diperlukan badan ketika berpuasa, Anda mesti memperhatikan kualitas makanan yang Anda mengkonsumsi. Godaan konsumsi makanan olahan yang banyak terkandung gula pasti begitu besar, tetapi butuh Anda ingat kalau yang betul-betul badan perlukan yaitu nutrisi.

Tentukan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks sebagaimana beras merah, gandum, kacang rye, kacang barley, quinoa, buah berry, apel serta jeruk yang memiliki kandungan indeks glikemik rendah serta tak menjadikan gula darah melonjak.

karbohidrat kompleks sepanjang puasa
Makanan karbohidrat kompleks menjadikan badan tetaplah energik

Beberapa makanan itu berikan Anda daya yang bisa bertahan sepanjang berjam-jam, tak sebagaimana makanan yang memiliki kandungan gula yang cuma bisa berikan daya untuk saat singkat yang lalu mengakibatkan berkurangnya kandungan gula darah serta mengakibatkan badan jadi kekurangan daya.

Lainnya itu, Anda dapat juga konsumsi roti gandum serta sereal yang kaya Vitamin B yang bisa menolong melepas daya dengan berkala serta perlahan-lahan dari makanan yang Anda makan.

4.  Konsumsi protein

Anda bisa konsumsi makanan yang memiliki kandungan protein bersama dengan karbohidrat kompleks. Makanan yang kaya protein sebagaimana susu, serta product olahan susu (yogurt, keju – baiknya tentukan keju putih karna memiliki kandungan lemak yang lebih rendah), serta kacang-kacangan juga akan menjadikan Anda terasa kenyang kurun waktu yang lama.

Protein begitu perlu dalam menjaga susunan serta peranan badan, serta begitu berguna untuk membuat otot. Lainnya itu, protein juga mempunyai faedah lainnya sebagaimana melakukan perbaikan serta pelihara, dan menyalurkan zat besi serta oksigen ke semua beberapa sel badan. Tetapi, jauhi protein olahan serta tentukan protein alami sebagaimana yang datang dari ikan, ayam, serta telur.

5.  Konsumsi lemak sehat

Lemak bisa hasilkan asam lemak yang perlu untuk badan untuk melindungi organ-organ serta mengatur suhu badan. Lemak dapat juga menyehatkan kulit, menyalurkan vitamin lemak larut ke semua badan, serta sumber yang baik sebagai penghasil daya.

Sumber lemak yang baik diantaranya kacang-kacangan, mentega, minyak, serta pasti saha buah apukat.

6.   Kurma untuk berbuka puasa

kurma untuk berbuka puasa
Buah kurma begitu baik sebagai menu awal berbuka puasa.
Dengan berpuasa, kita juga akan susah untuk penuhi konsumsi nutrisi serta vitamin harian yang diperlukan badan. Anda tak butuh cemas mengenai hal tersebut karna kurma di ketahui memiliki kandungan beragam faedah kesehatan serta nutrisi perlu sebagaimana kaya serat, potassium, magnesium, tembaga, serta Vitamin B.

Lainnya itu, kurma juga di ketahui bisa mengatur gula darah, desakan darah, turunkan berat tubuh, menghindar kanker serta arthritis. Kurma dapat juga menolong menyalurkan oksigen ke otak serta bisa melindungi kesehatan kulit.

Written by 

Related posts